Loading...

Apa Saja Perbedaan Antara Smoothing & Rebonding Rambut?

April 23, 2019 | Meluruskan Rambut

Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Beberapa tahun belakangan ini rambut keriting atau rambut ikal dianggap kurang fashionable, karena jenis rambut ini lebih sulit diatur. Hal ini membuat banyak orang yang berambut ikal mencoba meluruskan rambutnya. Untuk membuat rambut terlihat lurus ada 2 teknik yang digunakan, yaitu rebonding dan smoothing. Lalu sebenarnya apa perbedaan smoothing dan rebonding ?

Jika anda masih belum mengetahui perbedaan antara smoothing dan rebonding rambut sebaiknya anda jangan buru-buru ke salon.  Jangan sampai anda malas mencari tahu perbedaan smoothing dan rebonding , anda mempertaruhkan rambut, uang juga waktu anda. Meskipun sepintas sama, namun ternyata rebonding dan smoothing memiliki perbedaan yang cukup jauh lho. Apa saja perbedaan itu? Lebih bagus smoothing atau rebonding?  Yuk kita simak ulasannya berikut ini !

Perbedaan Antara Smoothing Dan Rebonding Rambut

perbedaan smoothing dan rebonding

Perbedaan dari smoothing dan rebonding dapat dilihat dari :

  1. Jenis rambut awal

Perbedaan smoothing dan rebonding bisa dilihat dari rambut jenis awalnya. Biasanya smoothing dilakukan pada rambut yang sebelumnya sudah pernah rebonding atau rambut yang sudah lurus. Meskipun rambut sudah lurus, orang melakukan smoothing karena ingin mendapatkan rambut yang lebih rapi dan mudah diatur tanpa mencatoknya terlebih dahulu.

Sedangkan rebonding dilakukan bagi orang yang memiliki dasar rambut ikal, dan dilakukan untuk meluruskannya agar rambut lebih rapi dan mudah diatur. Selain itu rebonding juga dilakukan karena orang tersebut sekedar mengikuti trend.

  1. Hasil akhir rambut

Perbedaan antara smoothing dan rebonding rambut yang kedua dapat dilihat dari hasil akhir rambutnya. Hasil akhir rambut yang di smoothing, rambut akan terlihat lebih lemas, lurus, halus dan lembut. Hal ini karena obat yang digunakan untuk smoothing  mengandung zat untuk melembutkan rambut.

Sedangkan untuk rebonding, hasil rambutnya akan terlihat lurus, namun terlihat agak sedikit kaku dan keras. Hal ini karena takaran obat kimia untuk rebonding cukup besar.

  1. Daya tahannya

Untuk daya tahan rambut yang di smoothing tidak terlalu bertahan lama, biasanya hanya bertahan 3 bulan saja kelurusannya. Setelah itu, rambut akan melengkung kembali. Jadi, jika anda akan melakukan  smoothing rambut kembali, anda tidak perlu menunggu terlalu lama, dan tidak terlalu bahaya smoothing rambut.

perbedaan smoothing dan rebonding

Sedangkan daya tahan rambut yang direbonding bisa tahan sampai 1 tahun, tergantung dari perawatan yang anda lakukan.  Yang perlu diperhatikan adalah, jangan terlalu cepat untuk merebonding rambut anda kembali, karena hal ini justru akan merusak rambut anda,  sebaiknya tunggu minimal 1 tahun, setelah itu, anda dapat merebondingnya kembali.

  1. Waktu pengerjaan

Waktu pengerjaan rebonding vs smoothing, proses smoothing terbilang lebih lama dibanding dengan rebonding, yaitu memakan waktu 4 sampai 5 jam.  Hal ini karena adanya proses pengolesan pelembut rambut yang memakan waktu yang lebih lama.

Sedangkan rebonding waktu pengerjaannya lebih singkat, yakni sekitar 2 sampai 3 jam. Hal ini karena obat rebonding lebih cepat meresap pada rambut anda.

  1. Obat yang digunakan

Obat yang digunakan saat proses smoothing mengandung keratin atau protein, namun tetap menggunakan bahan kimia dengan proses yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan obat yang digunakan untuk rebonding. Obat yang digunakan untuk smoothing tidak mengubah dasar rambut yang aslinya sudah lurus, karena obatnya bekerja untuk membuat efek lebih lembut, lurus dan halus, sehingga mudah diatur. Jadi dapat kita simpulkan lebih bagus smoothing atau rebonding kan ?

Baca Juga:

Sedangkan obat yang dipakai untuk rebonding, mengandung zat kimia yang cukup tinggi yang mampu merubah rambut yang tadinya ikal, menjadi lurus. Hal ini tentu saja membutuhkan zat yang mampu melakukannya. Oleh karena itu, ada baiknya setelah proses rebonding, anda senantiasa menjaga kesehatan rambut anda dengan rajin memberi vitamin atau masker pada rambut anda.

  1. Harga

Anda akan melihat perbedaan harga smoothing dan rebonding yang cukup mencolok di salon. Harga smoothing rambut justru lebih mahal 2 kali lipat, bila dibandingkan dengan harga rebonding. Memang agak sedikit mengherankan, karena jika dilihat dari daya tahan hasilnya, rebonding memiliki daya tahan yang lebih lama bila dibandingkan dengan smoothing.  Rebonding dapat bertahan selama 3 tahun, sedangkan smoothing hanya dapat bertahan  3 bulan saja. Namun, ternyata bukan hal itu yang membuat smoothing lebih mahal dari rebonding. Hal ini karena perawatan rambut setelah rebonding juga akan memakan biaya yang cukup banyak. Berbeda denga smoothing yang hanya memerlukan perawatan yang lebih simpel dan tidak banyak menguras kantong.

  1. Perawatan
Loading...

Perbedaan antara smoothing dan rebonding rambut yang terakhir adalah dalam hal perawatan. Pasca rebonding, anda tetap bisa menata rambut dengan gaya lain, hal ini karena peraturan smoothing lebih fleksibel bila dibandingkan dengan rebonding. Disarankan, setelah melakukan smoothing anda melakukan smoothing kembali setiap 3 bulan.

Sedangkan untuk rebonding, anda tidak disarankan untuk melakukan penataan rambut seperti menge-blow rambut, mengubah bentuk rambut atau melakukan pengecatan rambut. Hal ini karena akan membuat rambut mudah rusak dan rambut kering.

Baca Juga:

Nah itulah perbedaan smoothing dan rebonding. Jadi, sebelum anda memutuskan untuk melakukan smoothing atau rebonding, sebaiknya anda mempertimbangkan secara matang perbedaan smoothing dan rebonding dari segi jenis rambut anda, perbedaan harga  smoothing dan rebonding, serta efek pada rambut anda nantinya. Selain itu,  mau smoothing atau rebonding, ada baiknya anda rajin merawat rambut setelahnya, seperti memakai vitamin rambut atau masker rambut, agar rambut tidak rusak dan tetap sehat. Semoga informasi ini bermanfaat ya, sampai jumpa !

Loading...