Harga & Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Serta Cara Membuatnya

July 12, 2018 | Menebalkan Rambut

Minyak kemiri dapat digunakan sebagai bumbu dapur dan perawatan tubuh. Apa saja kegunaan minyak kemiri untuk rambut, alis dan wajah? Artikel ini akan membantu Anda.

minyak kemiri untuk rambut

Kemiri (Aleurites moluccana) merupakan salah satu dari rempah-rempah memiliki berbagai manfaat. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, biji kemiri memiliki khasiat untuk perawatan. Minyak kemiri merupakan hasil ekstraksi dari biji kemiri murni. Terkadang ditambahkan bahan alami lain guna memperkuat khasiat minyak kemiri untuk rambut.  Harga minyak kemiri untuk rambut terbilang murah, yakni berkisar Rp40.000 – 100.000 per 100 ml.

Cara membuat minyak kemiri untuk rambut dan wajah terbilang mudah. Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan minyak pun cukup murah. Harga biji tanaman tropis berkisar Rp.12.000 – Rp.18.000, tergantung pada daerahnya. Tentu saja biayanya menjadi lebih murah dibanding Hanya saja Anda perlu waktu untuk membuatnya. Langkah pembuatan dapat digunakan sebagai. Pada artikel kali ini akan diulas terkait manfaat minyak kemiri serta cara membuat minyak kemiri untuk rambut bayi maupun orang dewasa.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Pembuatan

Pohon kemiri mencapai tinggi 40 m, namun bijinya berukuran kecil. Kandungan yang ada pada biji kemiri antara lain asam oleostearat, asam linoleat, asam stearate, palmitat, protein, miristat, vitamin B1, saponin, flavonoida, polifenol, tannin dan asam minyak.

Inti pada biji kemiri mengandung minyak dengan kadar 60-66%. Senyawa-senyawa pada biji kemiri sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan rambut atau wajah. Manfaat minyak kemiri untuk rambut terbilang cukup banyak.  Inilah daftar manfaat minyak kemiri untuk rambut dan wajah.

  1. Menebalkan Alis dan Bulu Mata

Banyak perempuan yang menginginkan memiliki bulu mata dan alis dan tebal. Berbagai cara dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut, misalnya dengan sulam alis dan menggunakan bulu mata palsu. Jika Anda menginginkan alis yang tebal, cukup gunakan minyak kemiri secara rutin. Minyak kemiri mampu merangsang pertumbuhan alis dan bulu mata dengan alami. Manfaat minyak kemiri untuk alis dan bulu mata tidak diiringi dengan resiko yang berbahaya.

  1. Melebatkan Jambang

Jika perempuan menginkan bulu mata dan alis yang tebal, lain halnya dengan lelaki. Keinginan lelaki biasanya adalah memiliki jambang, kumis atau kumis yang lebat. Cara yang ditempuh untuk mewujudkan keinginan tersebut tidak instan. Salah satu cara yang ampuh adalah dengan mengoleskan minyak kemiri. Manfaat minyak kemiri Al Khodry atau merek lainnya dapat dirasakan jika rutin dioleskan bagian yang diinginkan.

  1. Perawatan Wajah

Minyak kemiri memiliki kandungan vitamin E yang tinggi serta steroid. Kandungan tersebut mampu membuat kulit kenyal namun tetap kencang. Manfaat minyak kemiri untuk wajah dapat dirasakan setelah pemakaian rutin. Campuran minyak kemiri dengan santan kental dan parutan jahe dapat digunakan sebagai scrub wajah.

Baca Juga:

Ramuan tersebut efektif untuk mengangkat sel kulit yang mati. Caranya adalah dengan mengoleskan campuran tersebut ke wajah dan digosok perlahan hingga terasa kering. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

  1. Mencegah Rambut Rontok

Minyak kemiri memiliki kandungan vitamin E yang dapat menjaga kekuatan akar rambut sehingga tidak mudah rontok. Cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut rontok cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak kemiri di kulit rambut dan diamkan selama 2 jam.

Oleskan sembari memijat perlahan. Ada beberapa merek yang menyediakan produk minyak kemiri khusus untuk merawat rambut rontok, contohnya adalah merek Ratu Kemiri. Merek ini juga menyediakan minyak kemiri untuk rambut bayi.

  1. Menghilangkan Kutu

Kutu pada rambut merupakan masalah yang cukup penting bagi rambut. Pasalnya, kutu dalam berkembang biak dalam jumlah cepat dan banyak sehingga jika tidak diatasi jumlahnya akan membludak. Kutu akan menimbulkan rasa gatal dan luka pada kulit kepala. Manfaat minyak kemiri untuk rambut salah satunya adalah untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan miristat pada minyak kemiri merupakan kandungan yang sama pada obat penghilang kutu. Kandungan tersebut akan mematikan kutu serta menyembuhkan luka di kulit kepala.

  1. Menumbuhkan rambut

Kandungan asam esensial pada minyak kemiri terdiri atas linoleat dan linolenat. Keduanya memiliki berat molekul yang rendah sehingga mampu menembus rambut hingga lapisan terdalam. Keunggulan tersebut tidak ditemukan dalam minyak alami lainnya. Dengan pemakaian yang rutin, minyak kemiri akan merawat jaringan rambut sehingga rambut tetap sehat dan tampak hitam berkilau. Cara menggunakan minyak kemiri untuk penumbuh rambut adalah dengan mengoleskan di rambut.

Manfaat minyak kemiri sangat banyak, bukan? Minyak kemiri tersedia dalam beberapa merek, misalnya minyak rambut kemiri mustika ratu, minyak kemiri Al-Khodry. Jika Anda bermaksud membuat minyak kemiri di rumah, jangan khawatir. Di bawah ini akan diulas bagaimana cara membuat minyak kemiri untuk rambut. Langkah dibawah ini dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus dibantu orang lain. Inilah tahap-tahap cara membuat minyak kemiri.

  1. Persiapan bahan

Tahap pertama dalam cara membuat minyak kemiri untuk rambut rontok adalah menyiapkan biji kemiri serta air. Biji kemiri untuk percobaan pertama cukup sejumlah 250 gram. Sedangkan air secukupnya saja. Setelah itu, cuci bersih biji kemiri dan tiriskan hingga cukup kering.

  1. Penghalusan
Loading...

Biji kemiri yang telah bersih lalu dihaluskan. Anda dapat menghaluskan menggunakan lumping ataupun blender. Haluskan hingga terasa benar-benar berukuran kecil dan halus. Setelah itu, campurkan dengan air. Semakin halus, maka semakin banyak minyak kemiri untuk rambut yang terekstraksi.

  1. Pendidihan

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemanasan hingga mendidih. Sebaiknya campuran tersebut dididihkan menggunakan wajan agar lebih mudah. Aduk campuran serbuk kemiri dengan air hingga mendidih atau muncul minyak. Setelah muncul minyak dan ampasnya terpisah, hentikan pemanasan.

Baca Juga:

  1. Pemisahan

Saringlah hasil didihan tersebut agar didapatkan minyak kemiri murni. Jika metode penyaringan sukar dilakukan, Anda dapat memeraskan menggunakan bantuan kain berongga. Setelah didapatkan minyak murni, simpanlah dalam botol tertutup dan letakkan di tempat yang sejuk. Minyak kemiri siap digunakan kapanpun Anda membutuhkan. Biaya yang dibutuhkan dijamin lebih murah dibanding harga minyak kemiri untuk rambut dalam kemasan.

Perawatan Rambut Lainnya:

0 Shares