Loading...

Mana Yang Lebih Bagus, Smoothing Atau Rebonding?

Mei 18, 2019 | Meluruskan Rambut

Rebonding dan smoothing  sering dianggap proses pelurusan rambut yang sama, karena sama-sama menghasilkan rambut yang lurus. Hampir semua orang juga kurang mengetahui jenis perawatan apa yang dijalankan, apakah rebonding atau smoothing, karena hasilnya akan sama-sama lurus.  Padahal, smoothing dan rebonding memiliki perbedaan yang cukup mencolok lho. Lalu apa saja sih perbedaan dari  rebonding dan smoothing ? Dan mana yang lebih bagus smoothing atau rebonding ?

lebih bagus smoothing atau rebonding, rebonding vs smoothing, bahaya smoothing rambut

 

Rebonding vs Smoothing

Salah satu perbedaan dari rebonding vs smoothing bisa dilihat dari biaya, hasil dan daya tahan dan waktu pengerjaannya. Berikut penjelasannya !

A. Smoothing

Smoothing adalah salah satu cara untuk meluruskan rambut, namun dengan hasil akhir lurus natural.  Untuk menjawab lebih bagus mana smoothing atau rebonding, smoothing menjadi salah satu pilihan yang tepat, karena obat yang digunakan merupakan obat yang cukup baik dan berkualitas. Hal inilah yang membuat harga smoothing sedikit lebih mahal. Nah berikut beberapa kelebihan dari smoothing :

  1. Dilihat dari hasilnya

Jika dilihat dari hasilnya, smoothing akan memberikan hasil rambut yang lurus natural, rambut anda akan menjadi lurus namun tidak tampak patah.

  1. Dilihat dari harga dan efek

Jika dilihat dari segi harga, smoothing memang lebih mahal dari rebonding. Hal ini karena jenis yang digunakan untuk smoothing lebih bagus daripada obat untuk rebonding.  Selain itu, metode meluruskan rambut dengan smoothing lebih mudah dan tingkat kegagalannya minim.

  1. Dilihat dari obat yang digunakan

Obat yang digunakan untuk smoothing adalah obat yang lebih bagus jika dibandingkan dengan obat yang digunakan untuk rebonding. Hal ini yang membuat harga smoothing  lebih mahal jika dibandingkan dengan rebonding. Karena obat untuk smoothing lebih baik, maka akan memberikan efek yang lebih baik pula untuk rambut anda.

Selain terdapat beberapa kelebihan dari smoothing, namun juga ada beberapa kekurangan dari smoothing rambut ini yaitu :

  1. Smoothing memakan waktu yang lama. Hal ini karena proses dari smoothing memang membutuhkan waktu yang lama. Proses smoothing menghabiskan waktu 3 sampai 4 jam untuk satu kali proses.
  2. Smoothing terlalu sulit untuk rambut keriting atau ikal sekali. Rambut jenis ini lebih cocok menggunakan teknik rebonding. Jadi sebaiknya jika rambut anda terlalu ikal, ada baiknya menggunakan teknik rebonding.
  3. Obat yang digunakan dalam proses smoothing menggunakan obat kimia formaldehida dan merupakan bahaya smoothing rambut . Formaldehida ini akan memberikan efek yang sangat buruk saat terhirup dan masuk ke saluran pernapasam. Jika  terhirup dalam jangka waktu yang lama akan dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah, seperti mimisan. Organ lain pun dapat terdampak.  Bahan  kimia yang digunakan untuk smoothing  akan memberikan reaksi yang berbeda-beda bagi setiap orang, seperti gatal-gatal, ruam kulit sampai melepuhnya kulit kepala. Jika anda termasuk orang yang mudah alergi terhadap bahan kimia, ada baiknya anda mempertimbangkan kembali untuk meluruskan rambut dengan smoothing.
  4. Smoothing dapat merusak rambut, karena dalam prosesnya menggunakan suhu yang cukup tinggi yaitu sekitar 325 derajat. Suhu tersebut digunakan untuk meluruskan rambut dengan cara mencatok rambut tersebut, jika rambut anda tidak dirawat dengan baik pasca melakukan smoothing, maka rambut anda bisa rusak. Inilah bahaya smoothing rambut. Untuk menghindarinya anda sebaiknya melakukan perawatan rambut dengan pemberian vitamin secara rutin.

Baca Juga:

B. Rebonding

Rebonding merupakan cara untuk meluruskan rambut yang ikal atau keriting. Rebonding banyak digunakan dengan alasan harganya lebih murah jika dibandingkan dengan smoothing.  Selain itu, ada juga yang mengatakan justru ingin rambutnya tampak lurus yang patah daripada yang natural.

lebih bagus smoothing atau rebonding, rebonding vs smoothing, bahaya smoothing rambut

Loading...

Beberapa kelebihan dari rebonding yaitu :

  1. Dilihat dari segi harga rebonding dinilai lebih murah, hal ini yang membuat banyak orang cenderung memilih rebonding dibandingkan smoothing.
  2. Proses dari rebonding juga lebih singkat daripada smoothing, Jika smoothing bisa menghabiskan waktu 3 sampai 4 jam, rebonding hanya memakan waktu 2 sampai 3 jam saja.
  3. Jika dilihat dari ketahanan hasilnya, rebonding memiliki ketahanan yang lebih lama, yakni bisa bertahan selama 1 tahun. Hal ini berbeda dengan smoothing yang hanya bertahan 3 bulan saja.

Selain beberapa kelebihan tersebut diatas, ada juga beberapa kekurangan dari rebonding yang dapat membantu anda menjawab pertanyaan lebih baik smoothing atau rebonding yaitu :

  1. Hasil yang diperoleh dari proses rebonding akan tampak lebih kaku dan patah, hal ini sesuai dengan harganya. Karena harga rebonding relatif lebih murah, maka hasilnya pun kurang begitu bagus.
  2. Dengan harga yang lebih murah, maka obat yang digunakannya pun juga lebih murah, yang dapat berdampak pada kemungkinan terjadinya kegagalan saat meluruskannya,
  3. Obat yang digunakan rebonding jika menggunakan obat yang murah, akan membuat rambut menjadi rusak dan dapat mengganggu kesehatan. Hal yang ditimbulkan seperti rambut bercabang, dapat terjadinya sakit kepala dan masih banyak resiko lainnya. Jadi tidak perlu bingung mana yang lebih bagus smoothing atau rebonding kan ?

Baca Dulu:

Nah itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan dari smoothing dan rebonding. Jadi anda dapat menyimpulkan lebih bagus smoothing atau rebonding kan ? kedua teknik meluruskan rambut ini memang sama-sama memberikan efek yang kurang baik, namun ada baiknya anda meluruskan rambut dengan cara smoothing, karena obat yang digunakan lebih baik. Namun, jika jenis rambut anda terlalu ikal atau keriting, ada baiknya anda menggunakan teknik rebonding. Semoga informasi ini bermanfaat. Sampai jumpa !

Loading...