Penyebab Rambut Rontok Parah & Berlebihan Pada Wanita Serta Cara Mengatasinya

July 6, 2017 | Rambut Rontok

Sebelumnya, beberapa artikel tentang cara merawat rambut terutama rambut rontok telah kami bahas secara lengkap, dan sudah kami bahas pula mengenai masalah penyebab rambut rontok. Namun kali ini kami berikan pembahasan khusus mengenai penyebab rambut rontok yang berlebihan baik pada wanita maupun pria serta bagaimana cara mengatasinya.

penyebab rambut rontok

Kerontokan rambut sebenarnya merupakan proses alamiah yang terjadi pada siapa saja, baik wanita maupun pria. Penyebabnya juga bermacam – macam. Kerontokan rambut dikatakan normal jika setiap hari hanya ada rambut rontok sebanyak 25 – 100 helai rambut saja. Jika lebih dari angka itu maka bisa dikatakan rambut rontok berlebihan.

Penyebab rambut rontok berlebihan bisa di karenakan banyak faktor. Tidak sedikit orang menjadi panik karena kerontokan rambut yang semakin parah dan dikawatirkan akan menimbulkan kebotakan.

Telah kami singgung sebelumnya jika kerontokan rambut yang berlebihan dan parah biasanya lebih banyak dialami oleh pria. Hal ini diakibatakan adanya hormon testosteron pada pria yang bereaksi dengan 5-alpha-reductase Dimana membentuk hromon DHT yang mana akan memicu kantong rambut menjadi mengecil dan pada akhirnya rambut tidak dapat mempertahankan kekuatan akar rambutnya sehingga terjadilah kerontokan rambut.

Kondisi kantong rambut yang mengecil menjadi penyebab rambut rontok secara berlebihan dan kemampuan rambut untuk tumbuh menjadi menurun secara drastis. Penyebab rambut rontok parah yang disebabkan oleh hormon ini membuat 70% kerontokan rambut terjadi pada pria dan sekitar 40% terjadi pada wanita.

Penyebab rambut rontok berlebihan pada wanita dan cara mengatasinya

Selain karena adanya gangguan hormon DHT, penyebab rambut rontok yang berlebihan atau rambut rontok parah bisa diakibatkan oleh kondisi – kondisi sebagai berikut :

1. Faktor kesehatan

Kurangnya asupan gizi dan vitamin

vitamin-untuk-rambut-rontok

Kurangnya asupan gizi bisa menyebabkan gangguan kesehatan rambut yang pada akhirnya bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin E, A, C, D serta beberapa mineral dan juga zinc akan membuat kesehatan rambut menjadi menurun dan pada akhirnya menyebabkan rambut menjadi mudah rontok.

Zat kimia

Penyebab kerontokan rambut bisa terjadi pada rambut yang sering diberi perlakukan dengan menggunakan zat kimia untuk keperluan hair styling. Pemakaian zat – zat kimia bisa menyebabkan rambut mudah rusak dan pada akhirnya rontok.

Penyakit diabetes, hipertirodisme dan sindrom down

Penyebab rambut rontok lainnya bisa disebabkan oleh beberapa penyakit seperti diabetes, hipertirodisme dan sindrom down. Kerontokan rambut yang disebabkan oleh penyakit ini dialami oleh para remaja dan dewasa muda. Namun setelah 1 tahun biasanya rambut akan tumbuh kembali.

Pemakaian obat obatan

Penyebab lain dari rambut rontok adalah pemakaian obat – obatan. Pemakaian obat yang terus menerus terhadap beberapa penyakit seperti arthritis, jantung, depresi, dan hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyebabkan rambut rontok.

Stress atau tekanan psikologis

Tekanan psikologis atau stress bisa menyebabkan rambut semakin menipis. Namun beberapa pendapat mengemukakan jika kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor psikologis adalah sementara.

Penyakit kulit serta auto imun

Penyebab rambut rontok berlebihan bisa dikarenakan adanya penyakit kulit sehingga terbentuk tukak dan penyakit autoimun yang dapat membuat rambut rontok permanen.

Contoh kondisi ini antara lain sarkoidosis, ichen planus serta lupus eritematosus diskoid

Terapi pengobatan penyakit kanker

Penyebab lain dari rambut rontok berlebihan adalah terapi untuk mengobati penyakit kanker. Kemoterapi, radioterapi dapat menyebabkan rambut rontok parah dan permanen. Kerontokan rambut ini akan menyeluruh terjadi disemua bagian kulit kepala.

 2. Faktor hairstyling & perawatan

Hair styling-mengikat-rambut

Penyebab kerontokan rambut bisa terjadi karena proses penataan rambut yang salah. Berikut diantaranya :

Jarang keramas

Jarang keramas menjadi faktor penyebab rambut rontok. Rambut yang jarang dikeramas akan membuat rambut tersebut menjadi lepek sehingga mudah rontok. Rambut yang jarang dikeramas akan sulit menyerap nutrisi sehingga kesehatan rambut menurun. Inilah salah satu penyebab rambut Anda menjadi rontok karena kondisi rambut sendiri yang menjadi tidak sehat.

Terlalu kencang mengikat rambut

Terlalu kencang mengikat rambut bisa saja menyababkan rambut menjadi rontok. Disarankan untuk mengikat rambut tidak lebih dari 2 jam saja.

3. Faktor lain

Merokok

Rokok mengandung zat aditif yang dapat merusak organ dalam tubuh. Selain itu, rokok bisa menjadi penyebab rambut rontok karena rokok juga akan mempengaruhi kesuburan rambut. Penelitian ini diuktikan oleh jurnal Archives of Dermatology dimana rokok akan menghambat dan merusak suplai darah yang menuju ke folikel rambut.

Sinar matahari

Menurut Wikipedia, seringnya kita beraktifitas di bawah terik matahari akan menyebabkan berkurang keratin rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Keratin ini adalah protein yang ada pada rambut, gigi dan kuku. Keratin ini juga berfungsi menjaga kesehatan rambut agar tetap terlihat berkilau.

Infeksi pada kulit kepala

Infeksi yang terjadi pada kulit kepala bisa menyebakan rambut menjadi rontok. Jika tidak segera diatasi, maka bisa saja rambut menjadi rontok bahkan menjadi semakin parah dan timbul kebotakan.

Tanda dan gejala rambut rontok

Tanda dan gejala rambut rontok

Nah itulah beberapa penyebab rambut rontok pada wanita maupun pria. Lalu gejala rambut rontok itu apa saja? Berikut kami berikan beberapa gejala kerontokan rambut :

Faktor usia

Pria atau wanita yang berusia lebih dari 35 tahun rata – rata akan mengalami masalah kerontokan rambut. Hal ini merupakan proses alamiah. Jika kerontokan rambut ini tidak segera diatasi maka bisa menimbulkan kebotakan. Untuk itu sebaiknya segera mengambil tindakan pencegahan.

Rambut terlihat mulai menipis

Gejala rambut rontok berlebihan adalah rambut semakin terlihat menipis dan ini merupakan indikasi akan terjadi kebotakan. Rambut rontok dalam jumlah yang berlebihan jelas adalah penyebabnya. Dan penyebab rambut rontok berlebihan ini harus Anda ketahui dengan pasti untuk diambil tindakan pencegahan agar rambut tidak rontok semakin parah.

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan pada wanita dan pria

Cara mengatasi rambut rontok

Penuhi gizi seimbang

Jika seseorang melakukan program diet maka akan mengurangi asupan makanan tertentu. Asupan makanan tertentu tersebut bisa jadi sangat dibutuhkan untuk nutrisi rambut. Jika nutrisi tersebut berkurang maka kesehatan rambut akan menurun sehingga menyebabkan beberapa masalah rambut salah satunya adalah rambut rontok. Untuk itu perlu sekali kita memenuh kebutuhan gizi rambut kita dengan asupan makanan yang bergizi. Daging, telur, serta makanan yang mengandung protein serta mineral lainnya dibutuhkan untuk kebutuhan kesehatan tubuh dan rambut.

Perawatan rambut dengan minyak zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh manusia. Disamping itu minyak zaitun akan menyehatkan rambut serta mencegah rambut rontok. Anda cukup mengaplikasikan minyak zaitun ke rambut dan tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih dan shampo anti rambut rontok.

Memakai masker buah

Masker buah untuk rambut rontok

Masker buah dapat menjadi pemberi nutrisi yang baik untuk mengembalikan kesehatan rambut rontok Anda. Beberapa buah yang baik untuk masker rambut diantaranya adalah alpukat, pisang, semangka, buah mangga serta buah lainnya.

Melakukan terapi pijat rambut

Jika kita benar – benar serius ingin memberi perawatan rambut terbaik maka pergi ke salon adalah jalan terbaik. Kita bisa melakukan pijat rambut yang bisa memperlancar sirkulasi darah pada bagian kulit kepala sehingga menjadi lebih lancar. Ini penting karena asupan nutrisi yang menuju ke folikel rambut juga dipengaruhi oleh sirkulasi darah yang lancar.

Terapi minyak kemiri

Minyak kemiri sudah dipercaya dan dipakai ribuan tahun yang lalu sebagai bahan untuk merawat rambut dan menyuburkan rambut. Setiap biji mengandung 60 – 66 % minyak kemiri yang bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan mengatasi rambut rontok.

Jika dahulu kita harus membakar kemiri untuk mengeluarkan minyaknya, maka sekarang sudah banyak ekstrak minyak kemiri yang dijual di pasaran. Terbilang praktis untuk langsung Anda gunakan tanpa ribet – ribet Anda mengekstraknya secara manual. Minyak kemiri juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut sehingga rambut Anda akan terlihat semakin mengkilap dan tidak mudah rontok lagi.

Terapi dengan lidah buaya

Lidah buaya sudah tidak asing lagi dalam dunia perawatan rambut. Untuk mengatasi rambut rontok berlebihan dan parah, kita bisa memakai lidah buaya. Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya dan mengoleskannya merata pada rambut Anda. Kemudian diamkan selama 15 – 25 menit. Selanjutnya bilas dengan air dan shampo rambut anti rontok yang cocok untuk kulit dan jenis rambut Anda.

Terapi bawang putih

Bawang putih juga merupakan bahan yang ampuh untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe. Antiseptic yang ada pada bawang putih dapat menghilangkan jamur serta kotoran lain pada kulit kepala sehingga akan membuat kulit kepala menjadi lebih sehat. Kandungan sulfur pada bawang putih juga sangat baik dalam melancarkan sirkulasi darah menuju folikel dan akar rambut.

Cara membuatnya : ambil beberapa siung bawang putih sesuai kebutuhan. Haluskan bawah putih tersebut, tambah dengan minyak zaitun beberapa tetes, usapkan ke rambut dan kulit kepala sampai rata. Biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Terapi santan

Cara mengatasi rambut rontok dengan santan

Santan dipakai banyak para wanita untuk menghitamkan dan menebalkan rambut. Santan juga sudah dipercaya banyak orang sejak dulu untuk merawat rambut rusak dan rambut rontok.

Beberapa penyebab rambut rontok parah dan berlebihan bisa segera diatasi dengan terapi dengan air santan kelapa secara teratur.

Cara pemakaiannya sangat mudah :

Balurkan cairan santan kelapa secara merata pada setiap bagian rambut Anda. Biarkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih dan keramaslah dengan shampo rambut anti rontok. Lakukan cara ini secara teratur maka terapi ini akan mengatasi rambut rontok Anda.

Terapi modern (medis) untuk mengatasi rambut rontok

mengatasi rambut rontok secara modern

Selain proses transplantasi rambut, ada terapi lain untuk mengobati rambut rontok. Transplantasi rambut memang langkah terakhir untuk menumbuhkan kembali sebagian besar area kulit kepala yang telah botak dengan cara operasi dan menanamkan jaringan kulit yang memiliki struktur yang bisa menumbuhkan rambut kembali.

Terapi lain untuk mengatasi rambut rontok dan menumbuhkan rambut yang telah botak :

  1. Terapi sinar ultraviolet

Permasalahan rambut rontok dan kemudian botak bisa diatasi dengan terapi sinar ultraviolet dengan cara pemberian obat psoralen yang berperan meningkatkan sensitifitas kulit kepala untuk menumbuhkan rambut kembali. Kemudian dilakukan terapi sinar UV A dan sinar UV B pada area kulit kepala yang berusaha untuk memacu pertumbuhan rambut di kulit kepala.

  1. Imunoterapi

Imunoterapi merupakan cara mengatasi rambut yang rontok dengan mengoleskan Diphencyprone atau disebut DPCP yang merupakan krim untuk mengobati rambut rontok. Proses pengolesan krim anti botak ini dilakukan secara teratur selama 12 minggu kemudian bisa dilihat perkembangannya. Dalam pengolesan, harus secara merata pada tiap bagian kepala. Namun karena obat rambut rontok yang satu ini memiliki sensitifitas tinggi maka perlu berhati – hati karena bisa menimbulkan perubahan warna kulit atau disebut vitiligo.

  1. Terapi steroid

Penyebab rambut rontok berlebihan dan sudah parah dapat terjadi karena gangguan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh ini menyerang folikel dan akar rambut. Maka diperlukan terapi steroid yang dapat menekan kinerja sistem imun dalam tubuh sehingga dapat menghentikan dan mencegah rambut rontok sehingga rambut dapat tumbuh normal kembali. cara mengatasi rambut rontok pada wanita

  1. Tablet Finasteride

Salah satu penyebab rambut rontok parah adalah adanya perubahan hormon testosteron yang bereaksi dengan 5-alpha-reductase menghasilkan hormon DHT yang membuat kantong rambut mengecil sehingga rambut tidak dapat tumbuh lagi. Untuk mengatasinya yakni dengan pemberian tablet Finasteride.

Namun pemberian obat ini memiliki efek samping yakni menurunkan gairah hubungan suami – istri serta bisa menyebabkan kanker prostat. Bagi laki – laki akan menurunkan organ seksualnya atau disebut hipotensi. Obat rambut rontok ini juga dilarang untuk ibu hamil. Hal ini bisa membahayakan janin dalam kandungan.

  1. Minoxidil

Minoxidil merupakan obat yang berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok berlebihan baik bagi pria maupun wanita. Obat ini hanya diperuntukan untuk mereka yang berusia 18 tahun keatas.

Pemakaian dianjurkan 2 kali sehari dan akan efektif 12 sampai 16 hari kedepan.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Kering, Rontok Dan Berketombe

Dengan mengetahui penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya, maka Anda dapat memulihkan rambut yang telah rontok sehingga Anda dapat percaya diri kembali. Rambut rontok berlebihan dan semakin parah bahkan menimbulkan kebotakan tetap dapat Anda sembuhkan dengan perawatan menggunakan bahan – bahan alami maupun dengan obat anti rambut rontok. Langkah terakhir jika tidak berhasil dalam mengatasi rambut rontok adalah dengan transplantasi rambut yang sudah terbukti cepat menumbuhkan rambut yang sudah botak, namun tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.