(Lengkap) Cara Simpel Merawat, Mengatasi Rambut Rusak Dan Bercabang

May 17, 2017 | Rambut Rusak

Sebelum kita mengetahui cara merawat rambut rusak dan bercabang, sebaiknya kita juga mengetahui kenapa rambut bisa bercabang, lalu apa sih penyebab rambut bercabang? Perlu kita ketahui bersama jika rambut bercabang berhubungan dengan rambut kering. Rambut yang kering biasanya ujung rambutnya akan bercabang. Struktur rambut kering biasanya kasar dan terlihat kusam.Lalu bagaimana mengatasi rambut bercabang? Terus simak artikelnya ya ladies …

Cara-merawat-rambut-bercabang

Struktur rambut bercabang

Rambut manusia terdiri dari akar dan helaian rambut. Bagian akar rambut merupakan bagian yang tertanam pada kulit kepala kita, dimulai dari lapisan rambut yang disebut epidermis (lapisan luar) dan dermis (lapisan dalam).

Akar rambut atau disebut folikel merupakan rongga yang ada di dalam kulit yang dikelilingi oleh kumpulan sel yang disebut papillae. Sel inilah yang memproduksi sel – sel rambut dengan asupan makanan dari pembuluh darah disekitarnya.

Bagian rambut terdiri dari :

  1. Kutikel

Kutikel merupakan lapisan terluar dari rambut, berbentuk sisik seperti sisik ikan dan berfungsi untuk melindungi rambut. Rambut yang bagus dan sehat memiliki kutikel yang tertutup. Kondisi kutikel yang tertutup ini akan memantulkan warna kemilau rambut.

Kutikel ini akan menutup dan tidak akan terbuka atau pecah jika ada pelumas berupa minyak yang menyelubunginya. Minyak ini dikeluarkan oleh kelenjar minyak kulit.

Nah, sekarang kita semakin jelas kenapa rambut itu bisa terlihat berkilau dengan warna hitam?

  1. Korteks

Korteks merupakan lapisan dalam rambut setelah epidermis/ lapisan luar. Lapisan ini akan menentukan tekstur rambut berupa tebal tipisnya rambut serta elastisitas rambut. Korteks inilah yang dapat memberikan warna rambut karena didalamnya terdapat pigmen rambut yang disebut melanin. Jika melanin rusak, maka warna rambut juga akan pudar dan rusak.

  1. Medula

Medula ini merupakan bagian rambut yang berbentuk seperti spons, dan berperan di dalam menentukan suatu diameter rambut atau ketebalan / besar kecilnya rambut.

Penyebab rambut bercabang

Kembali ke masalah perawatan rambut rusak dan bercabang, rambut yang bercabang pada umumnya struktur rambutnya kering. Penyebab rambut bisa kering sendiri disebabkan oleh lapisan kutikel yang rusak.

Lapisan kutikel yang rusak bisa disebabkan oleh polusi udara, paparan sinar matahari dalam intensitas sering, cat rambut, alat penata rambut yang mengandung panas, air yang mengandung zat besi / chlorine, serta produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan jenis rambut.

Jika lapisan kutikel rusak karena sebab- sebab tersebut, maka rambut akan bercabang dan kering. Selain itu rambut akan terlihat kusam, kasar dan akhirnya rambut akan menjadi rusak parah.

Oleh karena itu, anda sebaiknya mengetahui perawatan rambut rusak khususnya rambut bercabang ini agar kondisi rambut menjadi indah kembali.

Cara merawat dan mengatasi rambut rusak dan bercabang

perawatan rambut dengan shampo

Merawat rambut rusak dengan shampo, kondisioner dan masker bahan alami rambut

Langkah pertama mengobati rambut rusak dan bercabang adalah memakai shampo yang mengandung moisturizing atau conditioning shampo dimana shampo jenis ini akan melembutkan dan menjaga kelembaban rambut Anda.

Rambut bercabang mengindikasikan jika rambut dalam keadaan kurang dalam ekskresi minyak oleh kelenjar minyak sehingga kelembaban rambut hilang. Oleh karena itu dibutuhkan nutrisi yang memberikan kelembaban rambut. Kelembaban rambut ini dapat diperoleh dari shampo tadi.

Langkah kedua dalam cara merawat rambut rusak dan bercabang

adalah memakai kondisioner. Kondisioner dapat memberikan kelembaban rambut sekaligus menghaluskan rambut Anda. Jadi setelah anda keramas, Anda dapat memakai kondisioner untuk melembabkan dan melembutkan rambut Anda.

Langkah ketiga adalah menggunakan tonik atau vitamin rambut yang berfungsi untuk memberikan kelembaban dan kesuburan rambut. Anda dapat menggunakan hair tonic yang dapat memberi asupan nutrisi rambut.

Perawatan rambut rusak dan bercabang secara alami

Masker alpukat

Masker buah alpukat untuk mengatasi rambut rusak

Cara merawat rambut rusak dan bercabang secara alami bisa menggunakan bahan – bahan seperti dibawah ini :

  1. Masker alpukat

Masker alpukat bermanfaat di dalam menjaga kelembaban rambut sehingga dapat mencegah rambut bercabang.

Cara mengatasi rambut bercabang dengan alpukat :

  • Tumbuk 1 buah alpukat sampai menjadi halus
  • Kemudian oleskan ke rambut sampai kulit rambut
  • Tunggu sampai 30 menit
  • Bilas menggunakan air sampai rambut menjadi bersih
  • Keringkan, tapi jangan menggunakan alat pengering rambut ya, cukup manual saja.
  1. Minyak zaitun
merawat rambut rusak dengan minyak zaitun

Mengatasi rambut rusak dan bercabang dengan minyak zaitun

Untuk melembabkan rambut, Anda dapat menggunakan minyak zaitun.

Cara merawat rambut bercabang dengan minyak zaitun :

  • Siapkan minyak zaitun secukupnya
  • Oleskan ke rambut dan kulit rambut
  • Pijat pelan – pelan bagian kulit rambut agar minyak zaitun meresap
  • Tunggu 1 jam atau lebih, ini akan lebih baik (jika dilakukan sebelum tidur, maka bisa bisa didiamkan sampai bangun pagi)
  • Bersihkan dengan air dingin sampai rambut bersih
  1. Minyak almond

Minyak almond memiliki kandungan nutrisi yang baik. Kandungan protein dapat memperbaiki jaringan kulit atau sel rambut yang rusak. Cara memakainya sama dengan minyak zaitun diatas.

Perawatan rambut rusak & bercabang dengan minyak almond :

  • Oleskan sucukupnya minyak almond pada rambut yang rusak dan bercabang
  • Tunggu 1 jam, atau jika sebelum tidur bisa sampai pagi
  • Setelah itu bilas dengan air dingin sampai rambut bersih
  1. Minyak kelapa

Untuk merawat rambut rusak dan bercabang, minyak kelapa bisa dijadikan bahan alami untuk mengatasinya. Minyak kelapa memiliki manfaat dalam melembabkan rambut (seperti kondisioner juga), melindungi rambut dari kerusakan terutama paparan sinar matahari serta mengatasi rambut kusut.

Perawatan rambut rusak dengan minyak kelapa :

  • Oleskan minyak kelapa ke rambut secukupnya/sampai merata
  • Pijat pelan – pelan kulit kepala
  • Diamkan Kurang lebih 30 menit
  • Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih sampai bersih
  1. Konsumsi sayur dan buah

Cara mengatasi rambut yang rusak dan bercabang dapat dengan rajin mengkonsumsi sayur dan buah. Kandungan sayur dan buah sangat baik untuk menambah nutrisi terutama sel atau jaringan kulit serta rambut. Kandungan protein pada kacang – kacangan dapat memperbaiki dan menggantikan sel kulit terutama sel kulit rambut sehingga rambut dapat tumbuh dengan subur.

Begitu juga dengan buah yang baik untuk dikonsumsi dengan kandungan vitamin C dan E yang dapat membantu memberikan nutrisi yang bagus untuk kesehatan kulit dan rambut.

Tips mencegah rambut rusak dan bercabang
  1. Cukup keramas dengan shampo 2 – 3 kali dalam seminggu, jika terlalu sering justru dapat membuat rambut kering dan bercabang.
  2. Memakai shampo yang cocok
  3. Tidak gonta – ganti shampo
  4. Jika sering beraktifitas diluar ruangan, pakai pelindung rambut (topi)
  5. Tidak menggunakan alat penata rambut yang panas (catok, hair dryer dll)
  6. Hindari gonta – ganti warna rambut
  7. Hindari renang di pemandian umum yang mengandung chlorine
  8. Rutin memotong rambut minimal 1 bulan sekali

Baca juga : 

Nah itulah cara merawat rambut rusak dan bercabang secara alami maupun menggunakan bahan – bahan berupa shampo, kondisionel maupun hair tonic. Dengan tips dan cara mengatasi rambut bercabang diatas, maka Anda akan mendapatkan rambut yang indah. Selamat mencoba, jika bermanfaat silahkan share ya ladies …

Related For (Lengkap) Cara Simpel Merawat, Mengatasi Rambut Rusak Dan Bercabang