Cara Jitu Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding Secara Alami Agar Lurus Kembali

May 25, 2017 | Rambut Rusak

Cara merawat rambut rusak akibat rebonding diperlukan karena setelah lewat masa ketahanan rambut yang di rebonding, rambut dapat terlihat kurang rapi lagi. Rambut bisa menampakkan gelombang – gelompang disetiap helaian sehingga rambut terlihat tidak lurus dan cenderung berantakan. Untuk itu diperlukan cara mengembalikan rambut bekas rebonding dengan benar agar terlihat lurus kembali. Rambut yang rusak setelah di rebonding bisa sedikit diatasi dengan cara menghaluskan rambut menggunakan bahan alami maupun bahan – bahan khusus yang bisa Anda beli ditoko kecantikan.

cara merawat rambut rusak akibat rebonding secara alami

Kita juga dapat menggunakan cara di dalam mengembalikan rambut asli setelah rebonding dengan masker buah seperti alpukat, melon serta tanaman lain seperti lidah buaya dan lain – lain. Agar terlihat tetap lurus secara alami terutama setelah rebonding maka lakukanlah perawatan rambut secara berkala dan teratur.

Rebonding adalah metode styling menggunakan bahan kimia guna merubah ikatan di dalam kutikel rambut. Dengan menggunakan bahan kimia ini, maka ikatan yang menyebabkan rambut keriting akan terputus. Melalui ikatan kimia tersebut, maka struktur rambut akan berubah menjadi lurus dan terlihat lembut.

Proses pengerjaan rebonding ini bisa memakan waktu 5 sampai 6 jam. Efek dari rebonding sendiri bisa bertahan antara 6 – 7 bulan. Setelah masa 6 – 7 bulan tersebut, rambut dapat tumbuh ke jenis semula karena setelah masa itu rambut sudah mulai tumbuh.

Oleh karena itu, saat rambut tumbuh panjang dan melewati masa 6 – 7 bulan, keadaan rambut bisa berubah, terlihat sulit diatur atau bahkan rusak sehingga kita perlu cara merawat rambut rebonding yang rusak tersebut. Selain itu kita harus melakukan cara menghaluskan rambut yang baik agar rambut dapat lurus kembali dan menjadi tetap tampil lembut dan indah.

Cara merawat rambut rusak akibat rebonding agar tetap lurus

1. Mencuci rambut secara teratur dengan shampo & kondisioner yang tepat

Cara merawat rambut rusak setelah rebonding pertama kali adalah dengan mencuci rambut dengan shampo serta melembutkannya dengan kondisioner. Cara ini memang perlakuan umum guna membersihkan rambut dari debu dan kotoran. Selain itu mencuci rambut dengan shampo dapat menghilangkan berbagai kotoran yang menempel pada rambut. Keadaan rambut yang kotor termasuk menempelnya keringat menyebabkan berbagai perlakuan terhadap rambut terutama penataan rambut menjadi gagal.

Hindari shampo yang mengandung alkali tinggi karena justru akan merusak rambut. Keramas dengan shampo 2 – 3 kali dalam seminggu.

cara mengatasi rambut rusakdengan kondisioner
2. Massage & Hair mask

Cara merawat rambut rebonding agar tidak rusak adalah dengan hair mask dan massage. Anda cukup pergi ke salon dan meminta pelayan salon untuk melakukan hair mask dan massage. Kedua cara merawat rambut ini dapat membuat kulit kepala menjadi lebih fresh dengan pijatan disekitar kulit rambut. Peredaran darah akan lancar dan rambut akan lebih mudah diatur dengan perlakukan hair mask.

3. Jangan gunakan pengering rambut ataupun catok

Saat rambut Anda rusak akibat rebonding, sebaiknya Anda tidak menggunakan pengering rambut. Pengering rambut ini akan menambah kerusakan pada rambut Anda semakin parah. Lakukan pengeringan rambut secara manual saja.

4. Gunakan sisir gerigi jarang & tumpul

Menggunakan sisir dengan gerigi yang jarang dapat mencegah rambut Anda kusut. Biasanya, sisir rambut dengan gerigi yang rapat akan membuat rambut rontok dan menempel pada sisir. Oleh karena itu gunakan sisir yang memiliki gerigi yang longgar atau jarang. Selain itu gunakan sisir dengan geriki yang tumpul pada ujungnya agar saat menyisir rambut lebih nyaman dan dapat menekan kulit kepala tanpa rasa sakit. Ujung sisir yang runcing akan membuat kulit kepala kita tidak nyaman saat disisir.

5. Potonglah ujung rambut Anda

Kerusakan rambut karena rebonding biasanya terlihat jelas pada ujung – ujung rambut. Ujung rambut biasanya terlihat kasar, berantakan atau tidak beraturan. Oleh karena itu, potonglah ujung rambut bekas rebonding Anda agar bisa tampil lebih rapi kembali.

Cara merawat rambut rusak akibat rebonding secara alami

1. Konsumsi teh hijau

merawat rambut rusak dengan green tea

Alasan mengapa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi teh hijau karena teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi dan epigallocatechin-3-gallat yang berkhasiat di dalam menyuburkan rambut serta mengatasi rambut yang rusak akibat rebonding.

2. Lidah buaya

Cara menghaluskan rambut yang rusak akibat rebonding dapat menggunakan lidah buaya. Anda tinggal mengusapkan gel lidah buaya ke rambut secara merata. Pijat perlahan – lahan dan diamkan beberapa menit. Setelah itu Anda dapat membilasnya dengan shampo dan air bersih.

3. Minyak zaitun
Cara merawat rambut rusak akibat rebonding dapat menggunakan bahan alami berupa minyak zaitun. Minyak zaitun ini memiliki banyak khasiat termasuk memberi nutrisi berupa vitamin E dan antioksidan yang tinggi untuk kebutuhan nutrisi rambut.

Baca juga Cara Mengobati Rambut Rontok, Serta Rusak Secara Cepat Alami

Nah, demikian cara merawat rambut rusak akibat rebonding secara alami untuk menghaluskan, meluruskan serta mengembalikan rambut Anda menjadi indah dan lurus kembali. Lakukan perawatan rambut diatas secara rutin agar rambut bisa lurus kembali serta tidak rusak.

Related For Cara Jitu Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding Secara Alami Agar Lurus Kembali