7 Cara Ampuh Merawat Rambut Rusak Akibat Pewarnaan Secara Alami

May 27, 2017 | Rambut Rusak

Cara mewarnai rambut dengan bleaching menjadi pilihan sebagian besar wanita yang menginginkan warna rambut tampil bagus. Memberi warna pada rambut menjadikan sebuah ekspresi tersendiri bagi sebagian wanita. Namun tahukah Anda jika pewarna rambut juga dapat merusak rambut? Oleh karena itu, bagi yang sering gonta – ganti warna rambut sebaiknya juga mengetahui cara merawat rambut rusak akibat pewarnaan ini.

Pewarna rambut, bagus tidak untuk rambut?

cara merawat rambut rusak akibat pewarnaan

Terdapat 3 jenis pewarna rambut :

  1. Pewarna rambut sementara

Pewarna rambut ini merupakan jenis pewarna rambut paling lembut. Cara mewarnai dengan jenis pewarna rambut ini adalah dengan mencuci rambut dengan air larutan bahan pewarna sehingga warna yang ada didalamnya tertinggal pada kulit ari.

Sifat dari pewarna jenis ini adalah mudah hilang ketika dihapus dengan tisu maupun kapas. Pewarna jenis ini dipakai ketika ada keperluan acara tertentu saja dan bersifat tidak lama.

  1. Pewarna semi permanen

Pewarna rambut jenis semi permanen dapat menggantikan rona rambut dan tidak dapat memudakan atau mencerahkan warna. Pewarna rambut ini dapat meresap ke dalam kulit ari rambut namun akan hilang jika dicuci sebanyak 6 sampai 8 kali cuci.

warna rambut

Pewarna rambu ini difungsikan untuk pewarna semi permanen yang dapat menyegarkan rambut yang kusam serta mempertahankan kemilau dan warna rambut.

Pada rambut yang putih, jika diberi cat warna semi permanen ini akan memudar setelah pencucian 6 – 8 kali dan lama kelamaan akan kembali ke warna semula.

  1. Pewarna tetap

Cara mewarnai rambut dengan jenis pewarna tetap memerlukan zat kimia lainnya seperti hydrogen peroksida agar zat warna dapat meresap kedalam rambut. Terdapat berbagai bentuk pada pewarna tetap seperti jeli, cairan maupun krim.

cara merawat rambut rusak akibat pewarnaan

Rambut yang halus akan lebih mudah menyerap warna daripada rambut yang tebal. Jika Anda memilih pewarna tetap, maka perlu perawatan tersendiri termasuk memilih shampoo dengan pengondisinya.

Untuk memilih warna rambut yang bagus, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan penata rambut. Memilih warna cat rambut yang bagus sebaiknya mempertimbangkan warna kulit wajah agar nantinya lebih sesuai dengan wajah Anda.

Cara merawat rambut rusak akibat pewarnaan secara alami

  1. Potong rambut

Ini adalah cara mudah untuk mengatasi bagian – bagian rambut Anda yang rusak karena pewarnaan. Tentu Anda harus merelakan sebagian rambut Anda dipotong. Buatlah model baru, agar Anda memiliki gairah baru dengan model rambut terbaru Anda. Hal ini juga akan mengurangi kekecewaan Anda yang sebelumnya memiliki harapan tampil menarik dengan warna rambut yang baru, namun akhirnya harus merelakan rambut Anda dipotong karena rusak.

memotong rambut

  1. Masker lidah buaya

Untuk merawat rambut rusak akibat pewarnaan, sebaiknya pergunakan cara alami untuk merawatnya. Seperti menggunakan masker lidah buaya yang dapat memperbaiki kelembutam rambut, serta memperbaiki tekstur rambut agar kembali halus dan terhindar dari kerusakan yang makin parah. Cukup gunakan 2 kali dalam seminggu untuk masker rambut lidah buaya dan Anda bisa merasakan perbedaanya.

  1. Memakai minyak urang – aring

Rambut yang rusak akibat pewarnaan dipastikan akan mengalami kerusakan pigmen pada rambut. Pigmen rambut akan memudar sehingga warna rambut Anda tidak hitam lagi. Untuk mengembalikan pigmen rambut yang memudar, maka urang – aring adalah solusinya. Urang – aring akan mengembalikan pigmen warna pada rambut sehingga rambut Anda dapat kembali hitam berkilau.

Cara merawat rambut yang diwarnai agar tidak rusak

Perawatan rutin yang diperlukan adalah mencuci rambut 2 – 3 kali dalam seminggu dengan shampoo agar rambut tetap bersih. Selain itu, lakukan creambath paling tidak sebulan sekali agar rambut Anda kembali sehat dan terpenuhi kebutuhan nutirisi rambut.

merawat rambut rusak dengan shampo dan kondisioner

Pakailah kondisioner agar rambut Anda juga halus dan lembut. Selain pemberian kondisioner, berikan serum sehabis Anda keramas. Pemberian serum akan membuat rambut Anda halus dan berkilau dengan warna rambut kesukaan Anda. Pemberian serum ataupun vitamin diperlukan karena rambut membutuhkan asupan nutrisi sehingga kesehatan rambut juga akan tetap terjaga dan rambut akan terhindar dari kerusakan akibat pewarnaan.

Baca info menarik lainnya12 Cara Ini HARUS Dilakukan Saat Merawat Rambut Rusak Agar Kembali Sehat

Nah, demikian tips dan cara merawat rambut rusak akibat pewarnaan yang tentu saja aman tanpa efek samping. Lakukanlah perawatan rambut secara rutin. Jika Anda ingin mewarnai rambut, pilihlah warna rambut yang bagus. Anda juga bisa melakukan bleaching terlebih dahulu untuk mendapatkan warna yang lebih bagus. Namun, tetap rawat rambut Anda dengan baik, karena pewarnaan pada rambut juga memiliki resiko rambut menjadi rusak.

Related For 7 Cara Ampuh Merawat Rambut Rusak Akibat Pewarnaan Secara Alami