Bagaimana Cara Yang Benar Merawat Rambut Rusak Akibat Catok?

May 17, 2017 | Rambut Rusak

Memiliki rambut yang lembut dan lurus menjadi keinginan sebagian besar wanita. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, para wanita melakukan perawatan rambut menggunakan alat catok rambut yang berfungsi dapat meluruskan rambut. Tetapi jika pemakaian alat catok rambut ini terlalu sering, sangat dimungkinkan dapat menyebabkan rambut rusak. Indikasi rambut rusak akibat catok adalah rambut menjadi kering, kaku dan kasar. Hal ini disebabkan oleh alat catok yang menggunakan panas untuk meluruskan rambut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara merawat rambut rusak akibat catok serta cara menghaluskan rambut menggunakan vitamin rambut yang bagus.

cara merawat rambut rusak akibat catok
Tips menghindari rambut rusak akibat catok & cara merawatnya

1. Belilah alat catok berkualitas

Alat catok yang berkualitas bagus terbuat dari bahan keramik, titanium dan tourmaline. Pencatok yang bagus juga menggunakan beberapa pilihan untuk mengatur temperatur panas sesuai dengan jenis rambut Anda. Alat pencatok ini memang memiliki harga yang lebih mahal namun dengan alat ini Anda akan lebih aman saat menggunakan catok dalam intensitas sering.

Tips memilih alat catok yang bagus :

  • Terdapat penanda temperatur suhu bukan hanya On, Off, high dan low saja 😀
  • Alat catok memiliki lebar kurang atau sama dengan 4 cm, lebih kecil akan lebih bagus agar dapat mencapai bagian rambut yang dekat dengan kulit
  • Cari lapisan panas dengan bahan keramik, bukan Cuma bahan yang permukaannya dilapasi keramik saja
  • Jika memiliki rambut keriting, bisa menggunakan lapisan pemanas titanium dan emas

 

2. Pakai produk pelindung panas rambut

Anda bisa membeli produk yang khusus untuk melindungi rambut dari panas saat melakukan catok rambut. Bentuk produk bisa berupa krim maupun serum yang dapat melindungi panas rambut.

3. Memilih shampo yang melembutkan dan melembabkan rambut

shampo untuk rambut rusak akibat catok

Karena rambut selalu bersentuhan dengan alat catok yang panas, maka rambut biasanya akan menjadi kering, kaku dan kusam. Kondisi rambut kering mengindikasikan jika kelembaban rambut berkurang. Oleh karena itu pemakaian shampo yang melembabkan sekaligus melembutkan rambut dapat Anda gunakan 2 kali dalam seminggu.

Pilihlah shampo yang mengandung moisturizing atau conditioning shampo yang dapat mengembalikan kelembaban rambut serta melembutkan rambut karena kandungan humecant dan hydrator.

4. Pakai sikat dengan gigi yang jarang
Sikat dengan gigi yang jarang akan membuat rambut tidak rontok dan kusut. Ini juga demi kenyamanan Anda saat menyisir rambut.

5. Memakai kondisioner rambut
Cara merawat rambut rusak akibat catok bisa rutin memakai kondisioner agar rambut tidak kasar, kaku dan kusam. Kondisioner ini akan memberikan kelembutan bagi rambut Anda serta memberikan kelembaban rambut.

Namun jika rambut Anda merupakan tipe rambut berminyak sebaiknya tidak perlu memakai kondisioner, karena dikhawatir kan akan menjadi lepek, cukup shampo saja.

6. Masker rambut

masker rambut untuk merawat rambut rusak
Untuk merawat rambut dari kerusakan karena alat catok, Anda dapat menggunakan masker rambut dari buah – buahan. Buah – buahan ini akan memberikan vitamin rambut yang bagus berupa vitamin A, B, C, protein, zinc dan lain lain.

Buah yang bisa dipakai untuk masker rambut seperti buah pisang, melon, semangka, papaya, alpukat, jeruk nipis dll. Kandungan vitamin dalam buah – buahan tersebut dapat menambah nutrisi bagi rambut Anda sehingga rambut akan menjadi lebih sehat.

Baca juga :

 

Nah itulah cara merawat rambut rusak akibat catok dengan memilih alat catok rambut yang berkualitas bagus. Selain itu perawatan rambut setelah dicatok harus dilakukan secara intensif agar rambut tidak menjadi rusak. Pemberian vitamin rambut yang bagus akan menjaga rambut bekas catok tetap sehat, halus dan lembut.