Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Bleaching & Tips Agar Warna Rambut Tetap Bagus

May 18, 2017 | Rambut Rusak

Untuk mendapatkan warna rambut yang bagus, banyak wanita melakukan semir rabut atau wewarnai rambut mereka. Kita ketahui pewarnaan rambut menggunakan bahan kimia. Pengecatan rambut secara permanen memerlukan zat kimia seperti hydrogen peroksida agar zat warna dapat meresap kedalam lapisan korteks atau kulit rambut . Bahkan zat warna ini bisa masuk kebagian lapisan paling dalam pada rambut. Tak heran jika struktur rambut bisa menjadi rusak karena masuknya zat kimia tersebut. Salah satu agar zat warna dapat meresap kedalam lapasan rambut yakni dengan cara bleaching. Oleh karena itu kita harus mengetahui bagaimana cara merawat rambut rusak akibat bleaching ini.

cara merawat rambut rusak akibat bleaching

Apa itu bleaching?

Bleaching adalah proses melunturkan atau menghilangkan pigmen rambut. Dengan hilangnya pigmen rambut tersebut, maka warna rambut akan menjadi pudar. Kondisi warna pudar pada rambut akan sangat mudah untuk diberi zat warna sesuai dengan warna yang akan diinginkan. Lunturnya pigmen warna ini membuat proses pewarnaan rambut menjadi lebih meresap dalam rambut sehingga hasilnya lebih bagus, mengkilat dan terlihat natural.

Namun dibalik kelebihan dari bleaching, terdapat resiko yang dapat merusak struktur  rambut. Berikut kerusakan rambut dikarenakan bleaching.

Efek samping dan akibat bleaching rambut

  1. Rambut menjadi rusak

Bleaching rambut dapat merusak dan menghilangkan pigmen rambut. Hal ini disebabkan dari efek obat kimia yang keras pada saat pewarnaan rambut. Rambut yang rusak ditandai oleh rambut menjadi kasar, kering, bercabang  dan terlihat kaku.

  1. Rambut patah

Bleaching membuat kutikula terbuka. Hal ini dimaksudkan agar rambut dapat menyerap zat warna rambut lebih cepat sehingga proses pewarnaan rambut menjadi lebih cepat. Rambut yang tebal membutuhkan waktu yang lebih lama daripada rambut yang tipis. Oleh karena ini bleacing juga akan membuat kutikula terbuka. Hal ini bisa menimbukan kerusakan pada rambut sehingga rambut menjadi keras dan mudah patah.

  1. Rambut menjadi rontok

Akibat bleaching juga bisa menjadikan rambut rontok. Zat – zat kimia jika sampai masuk ke akar rambut juga akan menyebabkan kerusakan bagian dalam dan akar rambut. Ini akan membuat rambut menjadi rontok

  1. Timbulnya alergi

Tidak semua orang akan mengalami alergi akibat bleaching rambut. Namun seharusnya juga diantisipasi jika bleaching juga bisa menimbulkan alergi terutama pada kulit. Kulit bisa terasa gatal, ruam merah dan terasa perih.

  1. Bisa menimbulkan masalah kulit

Ini juga jika Anda sering gonta – ganti warna rambut menggunakan cara bleaching. Zat kimia yang keras dapat merusak kulit dan dapat menimbulkan iritasi. Jika Anda memiliki luka kulit dikepala sebaiknya tidak melakukan proses pewarnaan rambut terlebih dahulu.

  1. Struktur rambut menjadi rusak

Ini sudah jelas, jika sering melakukan pewarnaan pada rambut tanpa melakukan perawatan, maka akan membuat struktur rambut menjadi rusak. Pigmen rambut akan memudar dan hilang dan kutikula pada rambut juga akan rusak.  Tekstur rambut akan menjadi kasar sehingga rambut otomatis akan menjadi rusak.

cara merawat rambut rusak

Cara merawat rambut rusak akibat bleaching & Agar warna rambut tetap bagus

Warna rambut yang bagus adalah warna natural bersinar dan mengkilap sesuai dengan warna kulit wajah Anda. Untuk itu kita harus mengetahui cara merawat rambut terutama rambut rusak setelah beberapa waktu Anda melakukan bleaching rambut.

  1. Memakai shampo dengan kandungan keratin tinggi

Struktur rambut yang rusak membuat keratin rambut juga rusak. Untuk memperbaikinya, Anda bisa menggunakan shampo yang bahan – bahannya dapat memperbaiki struktur keratin rambut.

  1. Pakai kondisioner rambut

Kondisioner berfungsi dalam melambabkan dan melebutkan rambut. Rambut rusak akibat bleaching biasanya kondisi rambut menjadi kering dan kasar. Oleh karena itu, dengan pemakaian kondisioner maka rambut akan kembali lembut dan tidak kering lagi atau kelembaban rambut menjadi lebih terjaga.

pemakaian kondisioner rambut

  1. Pemakaian minyak alami

Cara mengatasi rambut rusak karena bleaching dapat menggunakan minyak alami. Minyak alami ini akan menyembuhkan kondisi rambut yang kering, kusam dan rusak. Adapun minyak alami yang dipakai untuk mengobati rambut rusak akibat bleaching adalah :

  • Minyak zaitun : Minyak zaitun dapat melembabkan rambut dan mengatasi rambut rusak terutama rambut kering  dan kusam
  • Minyak kelapa : Minyak kelapa dapat memulihkan kelembaban rambut yang sempat hilang setelah Anda mewarnai rambut dengan bleaching.
  • Minyak argan : Minyak argan dapat mengatasi kutikula rambut yang rusak saat proses pewarnaan rambut.
  • Minyak alpukat : Minyak alpukat dapat menjaga kelembaban rambut serta memberi nutrisi bagi rambut sehingga rambut kering akibat bleaching bisa teratasi.
  1. Memakai masker rambut dari buah – buahan

Cara merawat rambut rusak akibat bleaching dapat juga menggunakan buah – buahan yang dipakai sebagai masker rambut. Cara ini merupakan cara yang umum untuk merawat rambut agar pulih dari kerusakan. Buah – buahan mengandung senyawa yang baik bagi kebutuhan nutrisi rambut. Beberapa buah bisa Anda pakai sebagai masker rambut seperti buah papaya, mangga, pisang, alpukat, lemon dan lain – lain.

  1. Pilih shampo sesuai kebutuhan

Karena bleaching dapat membuat kelembaban rambut menjadi hilang, maka perlu untuk memilih shampo yang memberikan nutrisi dan kelembaban bagi rambut.

Shampo yang memberi kelembaban pada rambut adalah shampo yang mengandung Moisturizing atau conditioning shampo yakni shampo lembut yang mengandung humecant serta hydrator dapat membuat rambut lebih lembut.

 

  1. Pemberian tonik dan vitamin

Cara merawat rambut rusak akibat bleaching bisa dengan memberi rambut vitamin rambut atau tonik rambut. Vitamin rambut akan mengembalikan kesehatan rambut Anda sedangkan ronik rambut dapat mencegah kerontokan rambut akibat bleaching.

rambut menjadi bagus setelah dirawat

Nah itulah cara merawat rambut rusak akibat bleaching menggunakan cara – cara yang benar. Memiliki warna rambut yang bagus memang menjadi suatu dambaan. Namun jangan korbankan kesehatan rambut Anda. Boleh – boleh saja Anda mewarnai rambut Anda dengan bahan – bahan atau semir rambut. Namun jangan terlalu sering, dan harus dilakukan perawatan khusus setelah melakukan pewarnaan rambut dengan bleaching maupun cara lain agar rambut Anda tetap sehat.