LENGKAP – Cara Merawat Rambut Kering Secara Alami Akibat Smoothing & Rebonding

June 1, 2017 | Rambut Kering

Cara merawat rambut kering secara alami diperlukan akibat beberapa perlakukan seperti rebonding ataupun smoothing bisa saja merusak struktur rambut. Rambut kering juga menandakan jika pelumas rambut tidak cukup untuk melindungi rambut dan membuat rambut lebih lemas. Cara merawat rambut smoothing dan rebonding agar tidak kering dengan selalu menjaga kelembaban rambut melalui pemberian shampo yang mengandung pelembab atau moisturizing serta tambahan kondisioner agar rambut tetap lembut.

Cara merawat rambut smoothing

Cara merawat rambut kering secara alami akibat smoothing dan rebonding

Perawatan rambut smoothing dan rebonding agar tidak kering, kaku dan mudah patah bisa kita lakukan dengan beberapa masker rambut yang berfungsi menjaga kelembaban rambut serta bisa mencegah rambut kering.

Cara alami merawat rambut kering dengan Alpukat

Untuk menjaga kelembaban rambut, maka pakailah masker buah alpukat. Buah alpukat dapat menjaga kelembaban rambut serta memberikan nutrisi rambut berupa vitamin E yang dapat menjaga rambut Anda tetap indah, hitam bersinar dan mempesona setelah Anda melakukan rebonding atau smoothing.

Meluruskan rambut dengan rebonding dan smoothing terus menerus memang bisa membuat rambut menjadi kering karena proses pengerjaanya menggunakan bahan kimia serta alat catok.

Cara merawat rambut rusak dan kering karena rebonding dan smoothing menggunakan alpukat sangatlah mudah. Anda tinggal mengambil daging bagian dalam dari alpukat kemudian haluskan dan dibuat masker rambut. Diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan menggunakan air bersih dan shampo  sampai rambut bersih kembali.

Selain merawat rambut agar tetap sehat, pemakaian buah alpukat juga merupakan salah satu cara merawat rambut smoothing agar tidak kembali seperti semula.

Cara merawat rambut rebonding dan smoothing dengan papaya

Cara merawat rambut rebonding

Pepaya memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang baik memberikan nutrisi bagi rambut. Kandungan ini juga dapat membuat rambut lebih sehat sehingga dapat mencegah rambut kering dan kaku.

Cara merawat rambut kering akibat rebonding dan smoothing menggunakan pepaya  juga terbilang mudah yaitu kita tinggal mengupas kulit pepaya, mengambil dagingnya dan haluskan buah pepaya tersebut. Setelah halus berikan 1 sdm madu dan aduk sampai tercampur rata. Oleskan ke seluruh bagian rambut dan kulit rambut sampai rata. Tunggu 2 – 3 jam, setelah itu bersihkan dengan air dingin dan shampo sampai bersih.

Cara – cara alami untuk mengatasi rambut kering menggunakan makser buah atau bahan alami memang benyak dan Anda dapat menemukannya di Internet. Berbagai buah mulai dari pisang, mangga, air kelapa dan lain lain dapat dipakai untuk merawat rambut agar tidak kering dan rusak.

Namun selain menggunakan masker rambut, maka kita juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi dari dalam terutama makanan atau buah – buahan yang mengandung vitamin A, C dan E yang tinggi. Berikut ini beberapa buah dan sayur yang mengandung vitamin E yang tinggi untuk membuat rambut menjadi lebih sehat.

Buah alpukat

Konsumsilah buah alpukat karena kandungan vitamin E terbilang tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan rambut, kulit dan kuku Anda. Dalam 100 gr buah alpukat dapat memenuhi kebutuhan vitamin E dalam sehari sebanyak 10%.

Cara merawat rambut rebonding dan smoothing dengan alpukat

Buah mangga

Cara merawat rambut kering dan rusak dengan mengkonsumsi buah atau bahan makanan yang banyak mengandung vitamin E menjadi pilihan kita. Buah mangga adalah salah satunya yang sangat bermanfaat untuk asupan vitamin E bagi tubuh terutama kulit dan rambut.

Buah kiwi

Cara merawat rambut kering secara alami dengan konsumsi buah yang mengandung vitamin E sagatlah dianjurkan. Selain kandungan Vitamin E, buah kiwi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan seperti mengatasi sembelit dan menyehatkan mata.

Buah pisang

Cara merawat rambut kering akibat rebonding selanjutnya adalah mengkonsumsi buah pisang. Buah pisang sendiri memiliki kandungan vitamin E meski lebih kecil dari kandungan vitamin C sebesar 44 mg.

Buah bayam

Vitamin E pada sayur bayam juga baik untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. Mengkonsumsi sayur bayam juga baik untuk kesehatan serta memenuhi kebutuhan mineral bagi tubuh terutama zat besi.

Baca jugaCara Cepat Merawat Rambut Kering, Mengembang & Bercabang

cara merawat rambut kering akibat rebonding atau smoothing

Cara merawat rambut smoothing agar tidak kering dengan menjaga kesehatan rambut baik dari luar maupun dari dalam menjadi cara yang tepat merawat rambut kita agar tetap kemilau dan sehat.

Tips sehari – hari tentang cara merawat rambut kering akibat rebonding atau smoothing lainnya yang dapat membantu mencegah rambut kering dan rusak adalah sebagai berikut :

  1. Memakai shampo yang tepat. Jika rambut Anda kering, pakailah shampo yang mengandung conditioning shampo atau moisturizing agar rambut Anda terjaga kelembabanya.
  2. Memakai shampho jenis clarifying shampo yaitu shampo yang memiliki efek kuat membersihkan rambut dari debu, polutan serta minyak atau sisa bahan penataan rambut. Ini diperuntukan bagi Anda yang sering menggunakan zat – zat untuk menata rambut, rambut Anda berminyak dan seseorang yang sering beraktifitas outdor terkena debu dan polusi
  3. Memakai kondisioner. Memakai kondisioner setelah keramas akan membuat rambut menjadi lembut. Gunakan sisir bergerigi lebar setelah keramas dan memakai kondisioner. Jangan menarik rambut dengan handuk karena bikin rambut Anda kusut dan menjadi susah diatur. Ini juga akan membuat rambut Anda patah dan rontok. Cukup tempel dengan handuk halus dan tekan – tekan menggunakan handuk sampai rambut kering kembali.
  4. Jika ingin menggunakan hairdryer, atur suhu ke setelan suhu rendah. Ini akan mengurangi rambut bersentuhan dengan panas alat penata rambut sehingga mencegah rambut dari kerusakan serta rambut kering.
  5. Lakukan creambath minimal sebulan sekali. Untuk menyehatkan rambut dan terhindar dari rambut kering akibat rebonding dan smoothing maka Anda dapat melakukan creambath sebulan 1 atau 2 kali sudah cukup. Ini Anda lakukan setelah proses rebonding atau smoothing lebih dari 5 hari atau seminggu.
  6. Gunakan sisir bergerigi lebar. Gunakanlah sisir yang memiliki gerigi lebar untuk mencegah rambut kusut dan rontok.
  7. Potong ujung rambut secara rutin. Hal ini juga dapat membuat rambut Anda terhindar dari rambut bercabang.

Demikian cara merawat rambut kering secara alami setelah melakukan rebonding ataupun smoothing. Perawatan rambut smoothing dan rebonding harus selalu dilakukan agar rambut tetap terlihat lurus, lembut dan terawat. Cara merawat rambut kering akibat rebonding dan smoothing menggunakan perawatan dari luar dan dalam serta kebiasaan sehari hari yang baik, maka akan membuat rambut Anda tetap  lurus, terawat serta rambut akan terlihat hitam, sehat dan mengkilat.

Related For LENGKAP – Cara Merawat Rambut Kering Secara Alami Akibat Smoothing & Rebonding