Cara Tepat Merawat Rambut Rontok, Kering dan Berketombe

June 19, 2017 | Rambut Rontok

Tipsmerawatrambut.idCara merawat rambut kering dan rontok dibutuhkan agar penampilan rambut kita terlihat menarik dan mempesona. Rambut rontok, berketombe  dan kering akan kelihatan begitu tak menarik, dan para wanita akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan rambut sehat dan menawan. Cara merawat rambut rontok dan berketombe bisa dilakukan dengan berbagai cara sesuai kebutuhan. Beberapa cara merawat rambut agar tidak rontok dan kering biasanya para wanita menggunakan bahan – bahan alami. Namun yang tidak kalah penting adalah melakukan perawatan rambut sehari – hari, serta pemakaian produk shampo ataupun kondisioner yang cocok untuk jenis rambut Anda yang tentunya bisa berbeda – beda.

Cara merawat rambut kering dan rontok

Blow dry dan juga efek polusi ketika Anda berada di luar rumah pun bisa menjadikan rambut sangat kering. Untuk rambut yang rontok, berketombe,  rusak, kering dan bahkan kasar, Anda bisa melakukan cara merawat rambut rontok dan kering secara alami dengan alasan lebih aman dan dapat menyehatkan rambut dalam jangka panjang. Terapkan beberapa langkah yang kami rekomendasikan di bawah ini supaya rambut terjaga kesehatan dan kelembutannya.

Cara merawat rambut kering dan rontok serta berketombe

Cara merawat rambut rontok dan kering

  1. Menyisir rambut dengan benar

Rambut perlu disisir dengan rutin dan dengan cara yang benar. Rambut yang rontok dan kering bisa juga dikarenakan jarangnya disisir sehingga tampak begitu kusut, kasar dan saat disir menjadi rontok. Untuk mengaturnya, Anda perlu merapikannya serutin mungkin. Apabila Anda takut rambut rontok, Anda dapat menyisir rambut dengan sisir berjenis gigi lebar.

  1. Mencuci Rambut secara Teratur

Keramas secara rutin tak hanya akan membantu rambut berminyak supaya tak lagi berminyak, tapi juga menolong tipe rambut kering agar selalu sehat dan ketombe menjadi hilang. Keramas juga bisa mengatasi rambut rontok dan dan berketombe asalkan menggunakan sampo yang tepat, tentunya tak ada masalah dalam merawat rambut Anda yang kering.

  1. Memilih Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Cara merawat rambut kering dan rontok berikutnya adalah penggunaan shampo dan kondisioner yang tepat. Pilihlah sampo yang benar-benar sesuai untuk jenis rambut kering, yang tidak akan membuat rambut semakin kering dan rusak. Pilih juga kondisioner untuk rambut kering yang tepat supaya rambut akan selalu lembab dan lembut. Mungkin ada dari Anda yang tak begitu sering memakai kondisioner, padahal manfaat conditioner rambut sangat besar.

Cara merawat rambut rontok dan berketombe

Untuk rambut kering dan rontok, biasanya hal ini terjadi karena minyak alami rambut tak terproduksi secara banyak atau sedang terhambat. Oleh karena itu, kondisioner diperlukan untuk mengganti minyak alami yang rambut produksi tersebut. Rambut yang kering dan rontok juga akan menjadi lebih terlindungi, indah serta rapi dan terlihat tidak mengembang.

  1. Tidak Menggosok Rambut

Cara merawat rambut agar tidak rontok adalah dengan tidak menggosok rambut secara asal – asalan. Sering kali banyak wanita yang sering menggosok rambut terlalu keras dan kasar, terutama sehabis keramas. Gesekan yang terlalu kasar dan keras itulah yang mampu menyebabkan rambut rusak, kering dan rontok. Jadi, hindari cara tersebut dan bila ingin mengeringkannya, cukup dengan ditekan-tekan ke rambut secara lembut; menggosok pun harus dilakukan secara perlahan.

  1. Memakai Cuka Sari Apel

Tak banyak yang tahu kalau cuka sari apel selain bisa mengatasi masalah penyakit darah tinggi, jantung dan kolesterol juga bisa menangani masalah rambut rontok  dan kering. Rambut yang rontok, kering dan kasar dapat diatasi asalkan dengan cara yang benar ketika menggunakan bahan alami ini.

Cara merawat rambut rontok dan kering dengan cuka sari apel :

Sediakan setengah cangkir cuka sari apel bersama dengan minyak gandum sebanyak 1 sendok makan dan air putih 2 cangkir. Campurkan seluruh bahan tersebut, lalu campuran ini bisa dioles langsung ke rambut Anda yang dalam keadaan basah. Setelah Anda selesai keramas, dan tunggulah kira-kira 10 menit. Cucilah rambut dengan air biasa hingga bersih dan lanjutkan dengan menggunakan kondisioner supaya aroma menyengatnya bisa berkurang.

Cara merawat rambut kering dan rontok secara alami

1. Minyak zaitun

Cara merawat rambut rontok dan berketombe dengan minyak zaitun sudah banyak orang melakukannya. Ini adalah bukti jika minyak zaitun memang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh termasuk merawat rambut rontok. Buah zaitun yang terkandung di dalamnya, kini minyaknya bisa kita olah menjadi ramuan yang bermanfaat sekali, yaitu untuk mengatasi rambut rontok, kering dan berketombe. Ada minyak zaitun yang bisa di minum dan tidak. jika bisa di minum merupakan jenis minyak zaitun asli tanpa ada nama brand atau merk di kemasannya. Langsung saja mengoleskan minyak zaitun ke bagian rambut dan lakukan cara ini tiap hari, untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Minyak zaitun

2. Minyak lavender

Cara merawat rambut agar tidak rontok lainnya adalah dengan minyak lavender. Minyak ini terbuat dari tanaman lavender yang memiliki warna ungu. Banyak kandungan di dalamnya, seperti antioksidan. Minyak ini bisa di beli di toko herbal. Manfaat yang kita dapatkan dari minyak lavender adalah bisa mengatasi rambut rontok dan kering serta berketombe. Pemakaiannya sama saja dengan minyak lainnya, langsung saja di balurkan pada rambut dan pijat perlahan. Lakukan cara ini dengan rutin, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Minyak kelapa

Minyak yang satu ini sering kali di gunakan untuk mengatasi rambut rontok, kering dan berketombe yang cara pakainya, bisa langsung di oleskan ke rambut. tiap hari, pakailah minyak kelapa ini, biar rambut yang mengalami kerontokan berkurang.

4. Lidah buaya

Cara merawat rambut rontok dan kering selanjutnya menggunakan gel lidah buaya. Memang tanaman ini merupakan andalan bagi siapa pun yang menginginkan rambut sehat, panjang dan hitam. Lidah buaya seharusnya di budidayakan, karena manfaat yang kita dapatkan banyak sekali. bukan masalah rambut saja yang bisa di atasi dengan lidah buaya, tapi penyakit pun bisa di tanganinya. Salah satu manfaat lidah buaya yang sangat kita perlukan adalah mengatasi rambut rontok dan berketombe.

Bagaimana cara memakainya? Caranya, siapkan terlebih dahulu lidah buaya dan kemudian potong – potong. Cukup pakai gelnya yang di balurkan ke rambut. Tunggu beberapa menit kemudian diamkan dan pijat. Lakukan cara ini untuk hasil maksimal yang siapa pun bisa memakainya. Cara merawat rambut rontok dan kering dengan lidah buaya merupakan cara praktis dan ekonomis namun membawa manfaat yang besar bagi kesehatan rambut Anda.

5. Teh hijau

Cara merawat rambut kering dan rontok berikutnya adalah menggunakan teh hijau. Siapa yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini, kandungan yang di miliki teh hijau ini sangat bagus yang bisa di manfaatkan untuk menurunkan berat badan dan juga merawat rambut kering dan rontok. Teh hijau bisa Anda beli di toko herbal yang harganya juga terbilang terjangkau. Selain itu, teh hijau berkhasiat untuk merawat rambut rontok dan kering. Masih banyak yang tidak mengetahui, cara menggunakan teh hijau ini untuk rambut rontok dan berketombe.

Bagi Anda yang tidak mengetahuinya, bisa mengikuti petunjuk yang kami berikan. Pertama, seduh teh hijau dan biarkan selama beberapa hari, hingga basi. Jika sudah baru usapkan ke rambut dan diamkan selama 5 menit setelah Anda pijat pelan – pelan. Bersihkan dengan air dan pakai cara ini setiap hari. Cara merawat rambut rontok dan berketombe dengan teh  hijau terbilang mudah karena tanpa membutuhkan bahan tambahan lainnya.

6. Daun seledri

Cara merawat rambut agar tidak rontok berikutnya adalah dengan seledri. Daun seledri adalah daun yang sering kali di jadikan tambahan pada makanan yang berkuah. Dan daun ini bisa kita beli di pasar dengan harga yang terjangkau.

Cara merawat rambut rontok dan kering dengan daun seledri ini sangat mudah, yang bisa kalian lakukan adalah dengan menumbuk daun seledri dan tambahkan sedikit air. Oleskan keseluruh rambut secara merata dan pijatan secara perlahan. Lakukan perawatan rambut ini secara rutin, agar rambut tidak kering dan berketombe.

7. Kemiri

Cara merawat rambut rontok dan berketombe berikutnya adalah menggunakan kemiri. Bahan yang satu ini memang sudah dikenal sebagai bahan untuk perawatan rambut dan berkhasiat untuk masalah rambut dan bahannya pun juga mudah di temukan. Kemiri yang berbentuk kecil, bisa di pakai dalam cara merawat rambut agar tidak rontok.

Cara merawat rambut rontok dengan kemiri

Cara mengolah kemiri untuk mengobati rambut rontok, bisa di aplikasikan dalam bentuk minyak. Ada dua cara merawat rambut rontok dan kering dengan kemiri dan tergantung dari kalian ingin menggunakan cara seperti apa.

Pertama, kemiri di bakar dan kemudian di tumbuk yang kemudian kemiri akan mengeluarkan minyak.

Kedua, di rebus dan jika sudah matang, minyaknya akan mengapung. Minyak itulah yang akan kita gunakan pada rambut dengan cara mengusapkan secara merata ke semua bagian rambut. Pada dasarnya minyak kemiri bisa kita beli di toko herbal, tanpa harus membuatnya, jika Anda menginginkan cara praktis.

8. Minyak Wijen

Cara merawat rambut kering dan rontok lainnya adalah menggunakan minyak wijen. Minyak wijen sangat kaya dengan sifat emoliennya yang sangat mampu menjadi solusi terbaik bagi rambut yang kering. Segala lapisan rambut yang rusak bakal dapat terlindungi oleh nutrisi ini. Berkandungan tinggi akan anti inflamasi, antivirus dan antibakteri, menjadikan minyak wijen sangat terpercaya dalam mencegah rontoknya rambut juga.

Cara versi 1: Cobalah untuk mencampurkan minyak wijen 1 sendok makan dengan jus lemon dan jus bit yang juga disiapkan dengan takaran yang sama. Campuran itulah yang bisa Anda aplikaskan ke kulit kepala Anda sampai merata. Diamkan selama semalaman dan baru Anda cuci rambut Anda esok paginya. 1 minggu 1 kali adalah yang paling dianjurkan.

Cara versi 2: Alternatifnya, Anda bisa mencoba mencampurkan minyak wijen 3 sendok teh dengan beberapa jahe parut secukupnya. Setelah tercampur, Anda bisa terapkan ke kulit kepala sambil memijat-mijatnya hingga 10 menit. Tutuplah rambut dengan handuk yang hangat; baru sesudah 15 menit Anda dapat mengeramasinya. Ini juga disarankan untuk dilakukan sekali seminggu.

9. Mayones

Cara merawat rambut rontok dan berketombe selanjutnya dapat memakai mayones. Bahan selanjutnya yang dapat Anda pakai adalah mayones yang biasanya Anda nikmati bersama dengan roti atau daging. Untuk perawatan sendiri di rumah supaya rambut tak kering lagi, protein dari mayones inilah yang bakal menjadikan rambut mengkilap dan makin lembut secara alami.

Cara merawat rambut kering dan rontok

Caranya: Sediakan mayones full-fat sebanyak 1 cangkir, lalu larutan kental ini bisa Anda terapkan pada rambut Anda yang sedang dalam keadaan basah. Tak lupa juga oles ke kulit kepala sampai merata sambil memberikan pijatan lembut agar nutrisinya teresap sempurna. Tutup rambut dan kepala menggunakan shower cap kurang lebih 1 jam sebelum membilasnya menggunakan air hangat dan dikeramasi seperti biasa. 1 minggu 1 kali adalah waktu perawatan terbaik.

Itulah cara merawat rambut kering dan rontok serta berketombe baik untuk pria maupun wanita dirumah. Dengan menggunakan bahan – bahan alami tersebut maka akan mencegah rambut agar tidak rontok serta rambut kering dan berketombe bisa segera diatasi.