Cara Merawat & Mengobati Rambut Rontok, Serta Rusak Secara Cepat Alami

May 19, 2017 | Rambut Rusak

Bagi sebagian orang yang sedang mengalami kerontokan rambut tentunya ingin segera mengatasi rambut rontoknya. Ada perasaan takut jika nantinya terjadi kebotakan. Lalu bagaimana cara mengobati rambut rontok secara alami dan cepat? Apakah bisa mengobati rambut rontok dan rusak menggunakan bahan – bahan alami? Kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut rontok tersebut. Jika kerontokan rambut masih dalam jumlah yang wajar, bisa diatasi dengan tonik rambut atau bahan – bahan alami penyubur akar rambut. Namun jika kerontokan rambut dalam jumlah yang banyak biasanya tidak dapat dicegah dengan tonik rambut maupun dengan creambath saja. Cara mengatasi rambut rontok pada pria yang berlebihan harus segera dilakukan karena biasanya pada pria cenderung akan mengalami kebotakan.

rambut-rontok

Penyebab rambut rontok pada pria

Creambath dan tonik rambut prinsipnya adalah memberikan kesuburan pada rambut terutama akar rambut. Namun jika akar rambut saja tidak ada, maka otomatis kulit kepala tersebut tidak bisa menumbuhkan rambut lagi meskipun diberi tonik dan perlakukan creambath rambut. Lalu bagaimana cara merawat rambut rontok dan rusak tersebut jika memang masih ada harapan mencegah kerontokan rambut lebih parah lagi?

Kerontokan rambut yang parah mengindikasikan pada kebotakan dan biasanya terjadi pada sebagian besar pria. Hal ini terjadi karena menurunnya produksi hormon testosteron pada pria. Hormon ini juga berperan pada produksi sperm* pria.

Namun akibat adanya reaksi enzim 5-alpha-reductase, hormon ini berubah bentuknya menjadi dehydrosteron (DHT). Rangsangan DHT ini membuat kantung rambut semakin kecil sehingga rambut menjadi rontok dan terjadilah kebotakan.

Semakin tinggi kadari DHT maka proses kebotakan pada seseorang juga akan semakin cepat. Namun jika seorang pria dilahirkan dengan kadar DHT rendah maka akan jarang terjadi kebotakan.

Cara mengobati rambut rontok pada pria

Cara mengatasi rambut rontok pada pria dapat menggunakan obat yang mengandung minoxidil. Kandungan minoxidil ini sebenarnya untuk penyakit darah tinggi. Dan sebenarnya obat tersebut hanya ampuh untuk 40% saja pada pasiennya.

Banyak orang yang beralih pada finasteride yang terbukti mampu mengatasi rambut botak sebesar 83% pada pria. Finasteride juga diketahui dapat mengatasi kebotakan rambut secara kebetulan dan obat ini sebenarnya untuk dipakai pada pasien kelenjar prostat yang membesar atau disebut BPH.

Akibat BPH ini adalah menigkatnya enzim 5-alpha-reductase serta DHT yang melebihi batas normal. Kelebihan kedua enzim inilah yang membuat kebotakan para pria terjadi begitu cepat. Dengan pemberian Finasteride, maka kerja enzim 5-alpha-reductase dapat dibatasi sehingga produksi jumlah testosteron yang berubah menjadi DHT dapat diturunkan sehingga kebotakan dapat dicegah.

rambut rontok pada pria

Namun hati – hati, meski obat ini dapat mencegah kebotakan, obat ini juga memiliki resiko yang tinggi terutama membuat lelaki semakin lamban di dalam er*ks* serta dapat mengurangi produksi sperm*.

Proses penyembuhan dengan obat ini juga membutuhkan waktu, tidak sekali minum kemudian tumbuh rambut dikepala. Butuh minimal 6 bulan agar rambut tumbuh di kulit kepala.

Cara mengobati rambut rontok secara cepat lainnya adalah dengan transplantasi rambut. Cara ini sudah terbukti memberikan hasil yang memuaskan seperti yang telah dilakukan di RS Persahabatan Jakarta TImur.

Cara menumbuhkan rambut dengan transplantasi rambut ini hanya dilakukan jika cara – cara lain seperti creambath, pemberian tonik maupun vitamin rambut sudah tidak bisa memulihkan rambut Anda kembali.

Cara merawat rambut secara alami agar tidak rontok

1. Putih telur
Cara merawat rambut rusak dan rontok bisa menggunakan putih telur yang telah dipisahkan dari kuning telurnya. Putih telur juga membuat rambut Anda tetap lembut. Buatlah adonan putih telur, kemudian balur di seluruh rambut Anda sampai ke permukaan kulit kepala. Tekan – tekan secara perlahan agar putih telur terserap. Kemudian bilas menggunakan air bersih.

2. Tomat + minyak zaitun
Cara merawat rambut rontok dengan minyak zaitun sangat dianjurkan karena minyak zaitun ini mengandung berbagai zat yang baik untuk pertumbuhan rambut Anda, menguatkan rambut dan memberi nutrisi rambut. Tambahkan tomat agar semakin maksimal hasilnya.

Tomat untuk rambut rontok

Cara membuat :

  • Hancurkan tomat sampai halus
  • Tambah 1 sendok minyak zaitun
  • Hangatkan campuran ini
  • Oleskan campuran ini pada rambut dan kulit kepala Anda
  • Diamkan selama setengah jam
  • Kemudian bilas dengan air bersih

3. Lidah buaya
Daging yang berbentuk gel lidah buaya sangat baik untuk merawat rambut Anda. Lidah buaya tidak hanya dapat mengatasi rambut kering saja, namun dapat mengobati rambut rontok secara alami.

Cara menggunakan :

  • Bersihkan rambut Anda dengan air
  • Keringkan atau setengah kering juga bisa
  • Oleskan daging lidah buaya ke seluruh bagian rambut di kepala
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Setelah itu, bilas menggunakan air dingin sampai bersih

 

Baca juga  : Cara Mengatasi Rambut Kering Dan Rusak

 

4. Kemiri

Cara merawat rambut secara alami agar tidak rontok bisa menggunakan kemiri. Kemiri merupakan bumbu dapur yang sering digunakan sebagai bahan untuk memasak. Kandungan kemiri meliputi zat besi, kalsium, kalium serta mineral lainnya. Jaman dahulu, minyak kemiri dipakai untuk menumbuhkan kumis dan jenggot dengan cara mengambil minyaknya. Biasanya dengan cara menghaluskan kemudian mengambil minyaknya. Minyak tersebut bisa Anda oleskan di rambut dan kulit kepala Anda. Anda bisa membakar kemiri tersebut, kemudian mengambil minyaknya. Atau bisa juga di sangrai kemudian dihaluskan dan diambil minyaknya. Setelah dioleskan ke kulit rambut dan kepala, diamkan selama 1 – 2 jam agar meresap sempurna. Setelah itu bilas dengan air dingin.

5. Masker alpukat
cara merawat rambut rontok dan rusak selanjutnya adalah menggunakan masker alpukat. Alpukat akan memberi nutrisi yang baik bagi kulit kepala dan rambut serta bisa mengoptimalkan pertumbuhan rambut Anda. Saat ini sudah banyak tersedia ekstrak alpukat dalam bentuk shampoo ataupun nutrisi rambut. Anda tinggal membelinya atau membuat sendiri dengan buah alpukat.

6. Daun seledri + teh hijau

masker seledri untuk rambut rontok

Daun seledri dapat membuat akar rambut Anda lebih kuat karena kandungan Vitamin A, B serta zat besi di dalamnya. Sedangkan untuk teh hijau sangat baik untuk membuat sirkulasi kulit kepala Anda menjadi lebih lancar. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi.

Cara mengobati rambut rontok secara alami dan cepat dengan Daun seledri + teh hijau :

  • Rendam handuk dengan air lemon hangat
  • Tutup rambut Anda dengan handuk tersebut selama 10 menit
  • Tetesi rambut dengan campuran teh hijau + seledri
  • Pijat kulit kepala perlahan – lahan
  • Tunggu samapi 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin

7. Kombinasi yogurt + mangga + kuning telur
Cara mengatasi rambut rontok berlebihan lainnya adalah dengan kombinasi yogurt + kuning telur dan buah mangga.

cara merawat rambut rontok dan rusak dengan bahan – bahan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Campur beberapa potong daging buah mangga + 1 sdm yogurt + 2 butir kuning telur
  • Blender 3 bahan tersebut
  • Saring serat – serat yang masih tersisa
  • Oleskan campuran tersebut pada rambut secara merata
  • Beri sedikit pijatan perlahan – lahan agar meresap
  • Tunggu kurang lebih 15 menit
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih

Selain cara merawat rambut rontok dan rusak seperti diatas, masih banyak cara mengobati rambut rontok secara alami dan cepat menggunakan bahan – bahan alami yang bisa dijadikan masker buah. Buah seperti alpukat, pisang, semangka dan melon dapat dibuat masker untuk mengatasi rambut rontok yang berlebihan secara alami.