Penyebab, Cara Merawat Serta Mengatasi Rambut Patah dan Rontok Secara Alami

May 23, 2017 | Rambut Rusak

Sebelum mengetahui cara merawat rambut patah dan rontok, kita juga harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab rambut rontok. Setiap rambut seseorang akan mengalami rontok. Namun jika kerontokan rambut tersebut diambang batas normal maka bisa menyebabkan rambut kepala menjadi tipis dan terjadi kebotakan. Rambut rontok bisa disebabkan akar rambut yang lemah, bisa juga karena rambut patah. Rambut patah disebabkan oleh kondisi batang rambut yang rapuh dan lemah. Rambut patah bisa diatasi dengan shampo khusus untuk rambut patah dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi rambut rontok dan patah.

Cara merawat rambut patah dan rontok

Baca dulu : Cara Merawat Rambut Kering Rusak Dan Bercabang

Penyebab rambut rontok & cara mengatasi serta merawatnya

Apa penyebab rambut rontok dan patah?

Penyebab rambut rontok yang paling mendasar pada seseorang diantaranya adalah karena faktor keturunan, tindakan medis serta faktor psikologis.

Selain itu, tindakan tertentu dalam merubah penampilan atau model rambut dengan menggunakan alat penata rambut seperti pada teknik smoothing, rebonding juga menjadi beberapa penyebab rambut rontok dan patah. Oleh karena itu dibutuhkan cara merawat rambut patah dan rontok yang tepat, baik menggunakan cara alami maupun bantuan bahan – bahan untuk perawatan rambut yang sudah banyak dijual di toko kosmetik

Penyebab kerontokan rambut lainnya adalah sebagai berikut :

  1. Asupan gizi yang buruk

Asupan gizi yang kurang memenuhi kebutuhan bagi tubuh bisa menjadi salah satu penyebab rambut Anda rontok. Kekurangan protein, zinc dapat menjadi salah satu penyebab rambut menjadi semakin tipis karena kerontokan.

  1. Hormon DHT

Semakin tinggi kadar hormon DHT akan semakin tinggi tingkat kerontokan rambut. Hormon DHT ada karena hormon testosteron (hormon pada laki laki) bereaksi dengan 5-alpha-reductase sehingga membentuk hormon DHT. Hormon DHT ini akan memicu kantung rambut semakin mengecil sehingga rambut menjadi rontok. Oleh karena itu, pria lebih mengalami korontokan rambut dan terjadi kebotakan daripada wanita.

  1. Efek obat

Obat – obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit seperti artritis, hipertensi atau tekanan darah tinggi, depresi dan gangguan jantung  dapat menjadi penyebab rambut rontok.

  1. Diabetes, sindrom Down serta hipertiroidisme

Beberapa penyakit diabetes, syndrome down dan hipertiroidisme bisa menyebabkan kerontokan rambut terutama terjadi pada remaja serta pada kalangan dewasa muda. Namun sifatnya tidak permanen sehingga ada kemungkinan rambut bisa tumbuh kembali.

cara merawat rambut patah dan rontok

Nah itu adalah penyebab rambut rontok yang ditinjau dari segi medis. Sedangkan penyebab kerontokan rambut dari segi perawatan dan penataan terhadap rambut antara lain :

  1. Jarang keramas

Jarang keramas menyebabkan rambut menjadi berminyak, lembab dan kotor sehingga kondisi rambut menjadi kurang sehat. Ini akan menyebabkan rambut menjadi rontok.

  1. Kesalahan saat keramas

Saat keamas, kita terkadang menggosok rambut terlalu keras. Ini menyebabkan kerusakan pada folikel rambut sehingga rambut bisa menjadi rontok. Usahakan jangan terlalu kencang menggosok rambut saat keramas karena bisa rontok dan patah.

  1. Terlalu kencang mengikat rambut

Mengkat rambut terlalu kencang dapat membuat rambut tertarik dan rontok serta patah. Usahakan jiak mengkat rambut terlalu kuat tidak lebih dari 2 jam.

terlalu kencang mengikat rambut

Penyebab lain dari rambut rontok :

  1. Kehamilan
  2. Gangguan emosional / stress
  3. Paparan sinar matahari dan polusi udara
  4. Kebiasaan merokok
  5. Infeksi pada kulit kepala

Penyebab rambut patah & cara merawatnya

  1. Kurang nutisi rambut

Rambut patah juga bisa disebabkan karena asupan nutrisi rambut kurang. Sama seperti korontokan  pada rambut. Rambut yang kurang nutrisi terutama vitamin E, C, protein dan zinc akan menyebabkan rambut tidak sehat, rusak dan mudah patah.

Cara merawat rambut patah karena kurang nutrisi :

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, E dan protein tinggi. Selain itu, Anda dapat menambah vitamin pada rambut terutama yang mengandung berbagai nutrisi rambut seperti kandungan zinc di dalamnya.

  1. Gonta – ganti shampoo

 

Sering gonta – ganti shampoo dapat menyebabkan rambut rusak dan patah. Untuk melakukan cara merawat rambut patah dan rontok sebaiknya hindari gonta ganti shampoo. Pilihlah shampo yang cocok dengan jenis dan kulit rambut Anda

gonta ganti shampo rambut

  1. Hindari catok dan hair dryer

Sering melakukan catok dan hair dryer dapat membuat rambut patah karena panas pada alat pengatur rambut tersebut.

Solusinya : hindari penggunaaan alat – alat yang menggunakan panas karena dapat merusak dan membuat rambut patah.

Cara merawat dan mengatasi rambut patah dan rontok secara alami

  1. Memakai minyak alami

Cara mengatasi rambut patah dan rontok secara alami bisa menggunakan ekstrak minyak alami. Beberapa minyak alami yang bisa untuk mengatasi rambut patah dan rontok antara lain :

  • Minyak zaitun
  • Minyak kelapa
  • Minyak Almond

Cara merawat rambut patah dengan minyak alami : Terlebih dahulu bersihkan rambut dengan air. Tunggu sampai kering, kemudian oleskan minyak alami tersebut ke seluruh bagian rambut sampai kulit kepala. Pijat pelan – pelan dan tunggu sampai beberapa jam. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

  1. Yogurt & papaya

Kombinasi yogurt & papaya juga dapat dipakai dalam cara merawat rambut patah dan rontok secara alami.

Caranya : haluskan papaya secukupnya. Campur dengan 2 sendok makan yogurt dan aduk sampai rata. Oleskan keseluruh bagian rambut sampai kulit rambut hingga rata. Tutup dengan shower cup, diamkan sampai beberapa menit sampai kering. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

  1. Gandum dan cuka apel

Cara merawat rambut patah dan rontok berikutnya adalah mengkombinasikan cuka apel dan gandum.

Caranya : Campur 1 sdm gandum dengan 1 cangkir cuka apel. Aduk sampai rata, kemudian oleskan keseluruh bagian rambut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas sampai rambut menjadi bersih.

  1. Air kelapa

Agar rambut kuat tidak mudah patah dan rontok maka memakai air kelapa menjadi solusi ampuh mengatasinya.

Cara mengatasi rambut patah dengan Air kelapa  sangatlah mudah, Anda tinggal mencuci rambut dengan air kelapa secara rutin. Selain dapat mengatasi rambut patah dan rontok, air kelapa dapat membuat rambut Anda hitam kemilau. Setelah dicuci dengan air kelapa, tunggu sampai kering kemudian bilas sampai rambut kembali bersih.

  1. Jeruk nipis

Cara mengatasi rambut rontok dan patah bisa menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis akan memberikan nutrisi berupa vitamin C dengan kadar tinggi dan sangat baik untuk kesehatan rambut.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda tinggal menggosokkan irisan jeruk nipis ke rambut. Atau lebih bagus lagi, jeruk nipis diperas kemudian diambil air nya dan oleskan secara merata sampai kulit kepala.

Selain dapat mengatasi rambut patah dan rontok, jeruk nipis ini juga dapat mengatasi masalah ketombe.

  1. Minyak lavender

Minyak lavender berkhasiat sebagai antiseptik sehingga sangat ampuh dalam mengusir ketombe. Selain itu, minyak lavender juga akan mengobati rambut rontok dan patah Anda.

Cara merawat rambut patah dan rontok dengan minyak lavender :

Anda tinggal meneteskan minyak lavender 10 tetes atau secukupnya secara merata dan tunggu sampai kurang lebih 20 menit. Kemudian bersihkan dengan air dingin sampai bersih.

Cara merawat rambut rontok

  1. Masker buah

Cara merawat rambut patah dan rontok yang terakhir adalah memakai masker buah. Cara mengatasi rambut rontok dengan masker buah bisa dibilang sangat mudah dan murah. Anda tinggal memilih beberapa buah yang bisa dijadikan masker rambut Anda. Buah yang bisa dijadikan masker rambut :

  • Alpukat
  • Pisang
  • Melon
  • Semangka
  • Mangga
  • dll

Cara merawat rambut patah dan rontok selain menggunakan bahan – bahan alami tersebut, Anda sebaiknya melakukan creambath 1 bulan sekali, memberikan vitamin rambut atau tonik rambut. Cara mengatasi rambut rontok menggunakan tonik rambut sanagat dianjurkan karena tonik rambut mengandung minoxidil yang dapat mengurangi kerontokan rambut tapi tidak menumbuhkan kembali rambut yang rontok.

Related For Penyebab, Cara Merawat Serta Mengatasi Rambut Patah dan Rontok Secara Alami