Cara Mengobati Rambut Rontok Parah Secara Alami & Medis

December 18, 2017 | Rambut Rontok

Cara merawat rambut – Rambut rontok, atau alopecia, bisa menyerang pria maupun wanita. Kerontokan rambut yang parah memang banyak ditemui pada pria dengan tanda kebotakan. Oleh karena itu tidak sedikit para pria yang mencari cara mengobati rambut rontok parah, baik secara alami maupun medis.

cara mengobati rambut rontok

Selain pria, wanita juga mengeluhkan tentang masalah rambut rontok. Cara mengobati rambut rontok secara alami mungkin menjadi pilihan para wanita. Namun jika kerontokan sudah serius, maka perlu penanganan khusus oleh dokter ahli rambut.

Sebelum kita mengetahui cara mengobati rambut rontok parah, kita cari tahu dulu apa saja penyebab rambut rontok.

Penyebab rambut rontok parah pada wanita

Faktor keturunan (androgenetic alopecia);

  • Hormon (penurunan hormon wanita atau peningkatan hormon laki-laki);
  • Stres;
  • Kemoterapi;
  • Persalinan;
  • Perubahan musim;
  • Alopecia areata (autoimun yang mengganggu pertumbuhan rambut dan timbul kebotakan);
  • Pemakaian obat tertentu;
  • Kekurangan gizi atau nutrisi tertentu

Bisakah kita mencegah kerontokan rambut?

Para ahli berpendapat bahwa sulit untuk mencegah kerontokan rambut, terutama jika terjadi karena masalah genetik (keturunan). Namun, jika terjadi kerontokan rambut abnormal, atau jika orang tua yang terkena alopecia (kebotakan), beberapa perawatan yang dilakukan rutin dapat memperlambat proses rambut rontok.

Baca juga :

Atasi Kebotakan & Kerontokan Dengan Penumbuh Rambut Cepat

Cara mencegah rambut rontok parah

pakai shampo yang ringan

Memakai shampo yang ringan

Cara mencegah agar rambut tidak rontok semakin parah adalah dengan mengikuti saran – saran seperti dibawah ini :

Batasi pemakaian pewarna rambut, gel dan  shampo yang bikin rambut kering;

  • Pakai shampo yang ringan dirambut ;
  • Lakukan piijat pada kulit kepala;
  • Konsumsi makanan yang kaya zat besi, tembaga, silikon, asam lemak, zinc atau seng dan vitamin B.

Apa saja faktor risiko penyebab rambut rontok?

Beberapa orang mungkin mengalami masalah rambut rontok dan penyebabnya tidak pasti berhubungan dengan penyakit yang dideritanya.

Pengobatan terhadap beberapa penyakit atau keluhan seperti arthritis, asam urat atau tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko rambut rontok, seperti halnya pemakaian testosteron untuk para atlet.

Kekurangan makanan yang bisa meningkatkan masalah rambut rontok adalah zat besi dan protein.  Selain itu, kekurangan unsur lainnya seperti vitamin B, zinc atau seng, bisa menyebabkan masalah rambut rontok.

Gaya rambut yang berlebihan seperti kuncir atau sanggul juga harus dihindari. Cara – cara seperti ini dapat meningkatkan risiko rambut rontok.

Panas pada alat penata rambut juga tidak baik untuk rambut, jadi perlu untuk membatasi blow dry atau pengeringan menggunakan hairdryer.

Bagaimana cara mengobati rambut rontok parah?

cara mengobati rambut rontok parah

Cara mengobati rambut yang rontok bisa bervariasi karena memiliki penyebab yang bisa berbeda.

Jika terkait dengan persalinan, kelelahan atau perubahan musiman, maka cara mengobatinya dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung seng dan vitamin B.

Untuk alopecia areata dan kortikosteroid biasanya pengobatan melalui resep dokter. Untuk kasus yang parah dan rambut terlihat sulit tumbuh kembali maka tidak ada jalan lain selain melakukan transplantasi rambut.

Cara mengobati rambut rontok secara medis

Mengobati rambut rontok parah secara medis memang akan terlihat lebih cepat hasilnya. Hal ini berbeda dengan pengobatan secara alami atau herbal. Cara merawat rambut rontok secara alami akan lebih lama terlihat hasilnya.

Namun begitu, pemakaian obat ini bukan tanpa resiko. Efek samping bisa saja terjadi setelah kita memakai obat anti rambut rontok ini.

  1. Minoxidil

Minoxidil

Minoxidil ini bisa didapatkan di apotik untuk mengobati rambut rontok baik pria maupun wanita.

Minoxidil akan memperlancar peredaran darah ke folikel rambut. Jika peredaran darah lancar maka asupan nutrisi dan oksigen ke rambut akan membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat.

Anjuran pemakaian obat rambut rontok ini adalah dengan mengoleskan ke kulit kepala 2 kali dalam sehari. Efeknya akan terjadi setelah 16 minggu setelah pengobatan.

Efek samping yang bisa saja ditimbulkan adalah iritasi pada kulit kepala serta meningkatnya detak jantung.

  1. Finasteride

Finasteride

Cara mengobati rambut rontok lainnya dengan finasteride. Pemakaiannya dengan cara diminum bukan dioleskan ke kulit kepala. Cara kerja obat ini adalah mencegah hormon testosteron berubah menjadi hormon DTH dimana hormon ini memicu kebotakan pada kepala.

Setelah 3 bulan pemakaian, biasanya akan terasa perubahannya, yakni rambut akan berkurang kerontokannya dan mulai tumbuh pada bagian kulit kepala yang mulai botak.

Namun dengan cara ini pula, efek samping  berupa menurunnya gairah pada seorang pria akan muncul. Obat ini juga tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil karena bisa berbahaya bagi janin.

  1. Transplantasi rambut

Jika kerontokan rambut sudah terjadi secara permanen dan parah serta rambut sulit tumbuh kembali, maka tidak ada jalan lain selain transplantasi rambut.

Transplantasi ini tentunya dilakukan oleh dokter spesialis dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Cara mengobati rambut rontok dengan konsumsi makanan yang tepat

Jika kerontokan rambut belum terlalu parah, maka masih ada waktu untuk mencegah dan mengobati rambut rontok dari dalam. Pengobatan rambut rontok dari dalam yakni dengan mengkonsumsi makanan yang mendukung kesehatan rambut.

Makanan apa saja yang dapat mencegah dan mendukung dalam mengatasi rambut rontok?

  1. Konsumsi kacang – kacangan

 

kacang – kacangan

Kacang – kacangan mengandung Omega-3 tinggi yang dapat memperkuat akar rambut sehingga membantu mengurangi kerontokan rambut.

Penelitian ini dipublikasikan oleh Journal of Cosmetic Dermatology yang memberikan bukti 90% wanita yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan Omega-3 tinggi dapat mengalami pemenurunan kerontokan rambut. Konsumsi makanan ini dilakukan selama 6 bulan.

  1. Konsumsi kerang
kerang

Kerang | Image credit : maxpixel.freegreatpicture.com

Studi yang dilakukan US National Library of Medicine National Institute of Health membuktikan jika seseorang yang kekurangan asupan zinc atau mineral seng pada tubuhnya akan mendapatkan rambutnya rontok lebih mudah. Oleh karena itu mencukupi akan mineral seng ini sangat perlu untuk mencegah rambut rontok.

Salah satu makanan yang mengandung seng tinggi adalah kerang. Makanan yang satu ini memiliki kandungan zinc yang tinggi daripada makanan lainnya. Ini dapat memperkuat folikel rambut sehingga rambut akan lebih kuat.

  1. Konsumsi ikan salmon

Telah disinggung sebelumnya jika protein juga dibutuhkan untuk memperkuat rambut. Protein ini bermanfaat dalam memproduksi keratin dimana akan memperkuat batang rambut sehingga rambut kalian tidak mudah rontok.

Ikan salmon juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi yang juga akan memperkuat struktur rambut kamu.

  1. Susu dan olahannya

Cara mengobati rambut rontok dari dalam yakni dengan mengkonsumsi susu ataupun produk olahannya seperti keju ataupun yogurt.

Susu mengandung protein tinggi yang dapat memacu keratin rambut sehingga rambut akan lebih kuat dan tidak mudah rontok.

  1. Konsumsi daging merah

Selain susu dan ikan salmon, konsumsi daging merah juga akan menambah asupan protein yang akan meningkatkan keratin rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat.

Selain itu, zat besi pada rambut akan membantu dalam mengangkut oksigen terutama ke akar rambut sehingga rambut akan lebih sehat.

Selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein diatas, konsumsi makanan seperti buah dan sayuran juga tidak boleh ditinggalkan.

Buah dan sayur juga akan memberikan asupan nutrisi pada akar rambut terutama folikel rambut. Dengan begitu maka rambut akan tetap sehat dan tumbuh kuat.

Berikut beberapa makanan yang mengandung zinc tinggi untuk membantu memulihkan rambut rontok :

Tiram 78,6 mg / 100 gram

Kepiting 5,5 mg / 100 gram

Lobster 6,2 mg / 100 gram

Ikan salmon 0,64 (6%)

Cumi – cumi 10%

Untuk jenis sayuran yang mengandung zinc tinggi namun masih dibawah 1 mg antara lain :

Bayam 0,5 mg / 100 gram

Kemangi 0,06 mg / 100 gram

Cara mengobati rambut rontok dengan fenugreek

Fanugreek

Fanugreek | Image credit : maxpixel.freegreatpicture.com

Fanugreek adalah biji – bijian yang berkhasiat di dalam mengobati rambut rontok secara alami. Pengobatan rambut rontok dari luar ini sangat tepat sasaran karena fenugreek akan langsung memberikan nutrisi ke akar rambut  berupa protein serta asam nikotinik.

Artikel terkait :

Cara mengatasi rambut rontok dengan fenugreek adalah sebagai berikut :

Rendam 1 mangkuk biji fenugreek semalaman

Di pagi harinya, tiriskan, kemudian haluskan biji anugreek tersebut

Balurkan fenugreek yang telah halus ini ke kulit kepala dan biarkan selama 40 menit

Setelah itu, bersihkan rambut kalian dengan air sampai rambut bersih kembali.

Lakukan cara ini secara rutin yaa…

Untuk bahan – bahan lainnya, kami telah mengulasnya. Kalian bisa membacanya di artikel terkait dalam kategori Rambut Rontok.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, semoga artikel cara mengobati rambut rontok ini bermanfaat bagi kalian semua. Selamat mencoba!

Perawatan Rambut Lainnya: