Cara Mengatasi & Mencegah Rambut Rontok Kering Pada Pria

June 29, 2017 | Rambut Rontok

Cara  merawat rambut – Beberapa pria harus dihadapkan kenyataan bahwa mereka terus menerus kehilangan rambutnya. Pada awalnya memang kerontokan rambut tersebut terjadi bertahap dan kemudian semakin menjadi sehingga beberapa orang harus mengakui bahwa mereka akan botak dan berusaha untuk mencegahnya. Hal ini tentunya akan membuat sebagian pria mengalami kecemasan sehingga mereka mencoba mencari cara bagaimana mengatasi rambut rontok tersebut. Sebagian kecil dari mereka telah mencoba berbagai cara untuk mencegah rambut rontok namun hasilnya kurang memuaskan bahkan rambut mereka semakin menipis. Rambut rontok dan kering sering menjadi masalah serius bagi sebgaian besar pria, namun mereka seringkali terlambat dalam mencegah dan mengatasinya.

rambut rontok dan kering pada pria

Cara mengatasi rambut rontok dan kering pada pria

  1. Rogaine : Rogaine bukanlah penumbuh rambut dari bahan minyak ular. Rogaine benar-benar dapat mengatasi rambut rontok maupun rambut kering. Bahan aktif dalam produk, Minoxidil terbilang ampuh dalam mengatasi rambut rontok. Bahan kimia yang ada didalamnya pada awalnya ditujukan untuk pengobatan tekanan darah tinggi yakni vasodilator yang membantu mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan baru dengan melebarkan pembuluh darah di kulit kepala sehingga memungkinkan lebih banyak darah dan lebih banyak oksigen menuju ke folikel rambut. Rogaine sangat efektif dalam mengurangi kerontokan rambut terutama pada bagian verteks atau mahkota kulit kepala (pada pria di area yang biasanya terlihat sebagai “titik botak” di bagian belakang kepala) dan telah terbukti dalam uji klinis yang tidak hanya memperlambat rambut rontok saja, tetapi juga terbukti menumbuhkan kembali rambut pada beberapa pria. Banyak dari para pria yang telah merasakan manfaat dari penggunaan Rogaine (dalam formulasi 5%) dan mereka telah merasa puas dengan penggunaan obat Rogaine dalam mengatasi rambut rontok mereka.
  1. Hindari stress : Studi telah menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi dapat menghambat aliran darah yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada rambut yang semakin menipis. Buat pikiran dan tubuh Anda se-relax mungkin, pijat dengan lembut kulit kepala Anda dengan ujung jari yang bisa dibungkus kain dimana cara ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang aliran darah dan mengurangi tingkat stres secara keseluruhan. Luangkan waktu untuk bersantai bersama keluarga, setiap timbul masalah, bernapaslah dalam-dalam dan bersantailah karena cara ini tidak hanya dapat membantu mengurangi rambut rontok saja namun dapat berperan pada kesehatan tubuh keseluruhan.

Tanda rambut rontok pada pria

  1. Deep cleaning : Pakai produk perawatan rambut yang berkualitas baik. Jika Anda tidak memperhatikan kualitas produk perawatan rambut Atau Anda terbiasa memakai produk perawatan rambut yang buruk maka produk tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menghambat folikel rambut dimana ini berkontribusi terhadap masalah rambut yang semakin menipis. Beralihlah ke produk yang dirancang untuk membersihkan kulit kepala yang dalam seperti Nioxin dimana produk ini dapat membantu membersihkan kotoran pada rambut, membuka pori-pori dan memberi ruang agar rambut Anda tumbuh sehat.
  1. Propecia : Propecia awalnya ditujukan untuk mengobati masalah prostat. Obat seperti Proscar, Propecia dan Avodart telah ditemukan untuk menghambat produksi enzim dalam tubuh yang mengubah testosteron menjadi DHT (dihidrotestosteron). DHT diketahui berkontribusi dalam masalah kerontokan pada rambut dengan cara membatasi aliran darah ke kapiler pada kulit kepala Anda dan mengecilkan ukuran folikel rambut Anda. Mengurangi produksi DHT di sistem Anda adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi rambut rontok dan untuk memacu pertumbuhan rambut baru.
  1. Meningkatkan asupan nutrisi rambut : Diet dan asupan nutrisi untuk tubuh berperan besar dalam kesehatan rambut Anda secara keseluruhan. Tubuh Anda tidak bisa menghasilkan rambut yang kuat dan sehat jika tidak ada bahan yang dibutuhkan untuk bekerja dengannya. Tubuh Anda membutuhkan nutrisi dari makanan seperti ikan yang mengandung minyak seperti salmon, mackerel dan trout serta vitamin seperti vitamin C, B6 dan Biotin yang ditemukan pada buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan. Beberapa penelitian juga melaporkan bahwa Zinc sebenarnya dapat membantu menghambat produksi DHT (bentuk testosteron yang terkait dengan rambut rontok).

Kunci agar sukses dalam perawatan rambut ini adalah memulainya sejak awal dengan mengetahui tanda-tanda kerontokan rambut pertama sehingga dapat mencegah kerusakan folikel secara permanen karena begitu folikel telah mati, satu-satunya pilihan adalah mencegah atau melakukan perawatan rambut seperti diatas secepatnya. Untuk penggantian bagian kulit kepala rambut yang rontok secara permanaen dapat menggunakan prosedur operasi seperti transplantasi rambut.

Transplantasi rambut

Wayne Rooney menjalankan transplantasi rambut

Baca juga  Cara Tepat Merawat Rambut Rontok, Kering dan Berketombe

Meskipun tidak ada  cara dalam mengatasi rambut rontok khususnya pada pria yang benar – benar bisa menghentikan atau mengembalikan rambut yang telah rontok, namun dengan memulai melakukan perawatan rambut secara rutin dengan kombinasi dari bahan atau obat pencegah rontok di atas, maka hal tersebut dapat membantu Anda mencegah kerontokan rambut yang lebih parah lagi sehingga Anda bisa mendapatkan sekitar 60-70% rambut Anda kembali. Cara diatas juga telah terbukti bagi sebagian besar pria yang melakukannya. So, semoga Anda berhasil!