Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Medis

September 8, 2017 | Rambut Rontok

Kebotakan dikarenakan rambut rontok membuat banyak orang tidak percaya diri. Rambut rontok berlebihan menjadi momok bagi sebagian besar pria maupun wanita. Berbagai cara mengatasi rambut rontok berlebihan terutama dengan cara alami sebenarnya bisa kita lakukan. Namun kebanyakan hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

cara mengatasi rambut rontok berlebihan

Ahli Dermatologist Valerie D Callender, MD, seorang asisten profesor di Howard University College of Medicine, Washington, DC, mengatakan kerontokan rambut pada perempuan telah terjadi pada sekitar 30 juta wanita di AS. Rambut rontok dimulai mereka sejak usia 20 tahun.

Kerontokan rambut yang berlebihan itu di alami oleh hampir semua ras dan etnis yang ada di negara Amerika. Jenis kerontokan rambut ini kebanyakan berasal dari predisposisi genetik yang diwarisi oleh kedua orang tua.

“Pada usia 40 tahun, gejala kerontokan rambut terlihat dari pola rambut yang mulai rontok terutama pada wanita ” kata Dr Callender.

Efek psikososial

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa efek psikososial dari rambut rontok berlebihan terjadi pada sebagian besar wanita daripada pria. Wanita dengan rambut rontok biasanya memiliki perasaan introvert yang lebih tinggi, cemas dan kurang atraktif, dimana keadaan ini dapat mengganggu kehidupan mereka sehari-hari.

“Penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prevalensi gangguan kepribadian pada wanita yang mengalami rambut rontok secara berlebihan dibandingkan mereka yang tidak mengalami gangguan rambut rontok.” kata Dr Callender.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan diagnosis atau pemeriksaan ke dokter terkait agar masalah rambut rontok yang berlebihan tersebut bisa segera diatasi.

Mengetahui penyebab rambut rontok

Perlu diketahui juga jika masalah rambut rontok yang berlebihan ini apakah disebabkan oleh proses penuaan, kerusakan rambut, trauma, penyakit, atau masalah genetik?

Penyebab rambut rontok berlebihan yang sering diabaikan adalah melakukan program diet. Apakah Anda menghindari makan tertentu? Apakah selama ini Anda hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung protein saja?

Beberapa ahli gizi menyarankan agar mengkonsumsi vitamin B (khususnya asam folat, B6 dan biotin).

Selain itu, konsumsi makanan atau vitamin yang mengandung mineral terutama magnesium, kalsium dan seng. Selain itu, tambahkan asupan asam lemak Omega-3, yang bisa ditemukan secara alami pada ikan tetapi juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Kondisi pikiran yang sering stres, melakukan diet ekstrim atau program penurunan berat badan, serta ketidakseimbangan hormonal juga bisa menjadi penyebab rambut rontok berlebihan, yang bahkan bisa menyebabkan kebotakan.

Mengetahui pola rambut rontok

cara mengatasi rambut rontok yang berlebihan

Garis rambut atau area rambut yang botak biasanya menandai kerontokan rambut pada pria yang berakhir pada kebotakan.

Tetapi pada wanita, rambut rontok terjadi pada hampir diseluruh bagian kulit kepala atau secara menyeluruh.

Kerontokan rambut yang berlebihan ini bisa terjadi secara bertahap. Bisa terjadi atau dimulai dari bagian tengah kemudian secara bertahap semakin melebar.

Biasanya, rambut rontok berlebihan terlihat saat setiap pagi hari sisir Anda penuh dengan rambut rontok.

Menurut Dr Callender, mengetahui atau identifikasi penyebab kerontokan rambut adalah kunci untuk menentukan teknik cara mengatasi rambut rontok berlebihan.

Untuk mendiagnosis kerontokan rambut, ahli dermatologi akan melakukan pemeriksaan terhadap riwayat kesehatan secara menyeluruh.

Pemeriksaan fisik, tes atau pemeriksaan laboratorium akan  mengetahui lebih jauh tentang kondisi kulit kepala Anda.

Tata cara ini relatif sederhana dan biasanya dilakukan di klinik dengan anestesi lokal yang melibatkan pengambilan potongan kecil kulit kepala untuk pemeriksaan mikroskopis.

Pemeriksaan ini bisa sangat membantu dalam mendiagnosis kerontokan rambut yang berlebihan.

 

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan

rambut rontok berlebihan

Seringkali langkah pertama yang diambil dokter kulit adalah menggunakan minoxidil topical yang biasanya tanpa resep untuk mengobati rambut rontok.

Pemakaian Minoxidil ini diterapkan pada kulit kepala dua kali sehari dan harus dipakai paling sedikit empat bulan sebelum pasien akan melihat hasilnya.

Minoxidil sebenarnya bekerja untuk membantu mengembalikan proses penyusutan yang terjadi pada folikel rambut dan bekerja merangsang pertumbuhan rambut baru.

Ini sudah terbukti jika pemakaian Minoxidil akan menumbuhkan kembali rambut Anda  sekitar 60 persen wanita dengan berbagai pola rambut rontok.

Baca juga :

 

Transplantasi rambut

Pilihan lain dalam mengatasi rambut rontok berlebihan adalah dengan transplantasi rambut.

Ini adalah pilihan yang baik bagi wanita yang mengalami rambut rontok berlebihan sampai sedang. Meski cara ini paling sering dilakukan pada pria, cara ini juga menjadi semakin populer bagi kaum wanita di Amerika.

Penggantian rambut permanen ini melibatkan pengangkatan folikel rambut sehat dari satu area kulit kepala dan mencangkoknya ke area kulit kepala yang mengalami kerontokan rambut.

Sebelum melakukan transplantasi rambut, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan apakah pasien wanita ini akan berhasil dengan baik jika nantinya dilakukan transplantasi rambut.

Menurut Dr Callender. “Hal terpenting adalah pasien memiliki rambut sehat di area kulit lain yang bisa ditransplantasikan.”

Baca juga : Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Dan Cepat?

Sedangkan teknik transplantasi rambutnya sama untuk pria maupun wanita, namun ada beberapa tantangan tambahan khususnya untuk wanita.

Pemilihan area transplan rambut biasanya dipilih berdasarkan kepadatan dan tekstur rambut .

Karena wanita memiliki gaya rambut yang berbeda – beda, maka pemilihan area rambut yang dipilih perlu dipertimbangkan dengan cermat.

***

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dirumah bisa Anda coba dengan pemakaian hair tonic. Namun jika kerontokan rambut begitu hebat, dan Anda kawatir karenanya maka sebaiknya segera memeriksanya ke dokter.