10 Cara Merawat Dan Mengatasi Rambut Rontok Berjilbab

July 3, 2017 | Rambut Rontok

Cara merawat rambut rontok – Tidak sedikit wanita berjilbab yang mengeluhkan rambutnya rontok dari hari ke hari. Bahkan mereka semakin cemas dengan kondisi rambut yang semakin rontok parah meski mereka setiap harinya menutupi bagian rambut dengan jilbab. Mengatasi rambut rontok pada wanita berjilbab tidak jauh berbeda dengan wanita pada umumnya. Namun beberapa poin perlu di perhatikan di dalam cara merawat rambut rontok khususnya wanita berhijab ini.

mengatasi rambut rontok berjilbab

Penyebab rambut rontok pada wanita berjilbab

Kerontokan rambut merupakan proses alamiah yang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk wanita berjilbab. Namun sering kita jumpai, kerontokan rambut sampai kebotakan banyak terjadi pada pria. Hal ini tidak lain karena adanya hormon testosteron pada pria yang bereaksi dengan 5-alpha-reductase kemudian menjadi DHT dan DHT ini akan memicu kantung rambut menjadi mengecil dan akhirnya rambut akan menjadi mudah rontok. Oleh karena itu, kerontokan rambut sampai botak biasanya terjadi pada pria.

Berikut ini penyebab lain dari kerontokan rambut pada wanita berjibab :

  • Pemilihan shampo yang tidak tepat
  • Memakai jilbab setelah keramas tanpa menunggu kering
  • Sering menguncir
  • Pemakaian obat – obatan (jenis obat yang mencairkan darah)
  • Penyakit berupa tifus, penyakit yang muncul karena sering mengkonsumsi vitamin A, penyakit pada vegetarian atau kekurangan zat seperti zinc
  • Stress dan masalah psikis lainnya

Cara merawat dan mengatasi rambut rontok berjilbab

Wanita berjilbab yang memiliki aktifitas tinggi biasanya akan mengalami rambut berkeringat dan lembab. Ini bisa menyebabkan rambut menjadi rusak dan mudah rontok. Oleh karena ini beberapa tips dibawah ini akan membantu Anda untuk sedikit banyak mengatasinya :

  1. Lakukan keramas secara teratur (2 atau 3 kali sehari)
  2. Sisir rambut Anda 3 kali sehari, jika perlu lakukan pijatan pada kulit kepala agar peredaran darah tetap lancar
  3. Pakai sisir bergerigi jarang, akan lebih baik dengan sisir dari bahan kayu
  4. Jangan menarik garis dari belahan rambut Anda di satu sisi saja sebab kerontokan rambut dapat dimulai dari garis belahan rambut tersebut
  5. Jangan mengikat rambut dengan ikatan yang kencang, apalagi menggunakan karet gelang. Pakai ikat rambut yang memiliki lapisan kain atau bahan yang tidak keras.
  6. Hindari mengikat rambut terus menerus
  7. Hindari memakai jilbab saat rambut masih basah setelah keramas. Keringkan rambut terlebih dahulu sampai betul – betul kering.
  8. Pakai shampo yang cocok dengan jenis rambut dan kulit kepala Anda, gunakan shampo yang mengandung sari lidah buaya dimana bahan alami ini berkhasiat dalam menyuburkan rambut. Anda juga bisa memakai bahan alami berupa air kelapa atau ekstrak sari akar wortel untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok khususnya wanita berjilbab.
  9. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi vitamin E dan C serta zinc
  10. Gunakan minyak alami berupa minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak almond untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok.

mengatasi rambut rontok berjilbab

Baca juga :  Cara Merawat Rambut Rontok, Kering Dan Berketombe

Demikian 10 cara merawat dan mengatasi rambut rontok berjilbab pada wanita. Sepuluh cara merawat rambut rontok ini akan bermanfaat mengatasi dan mencegah rambut rontok yang semakin parah jika dilakukan secara konsisten, selamat mencoba!