6 Tahap Cara Bleaching Rambut, Pilih Warna Favoritmu!

March 25, 2018 | Warna Rambut

Apakah kalian sudah tahu bagaimana cara mewarnai rambut dengan bleaching? Cara bleaching rambut bisa dilakukan sendiri di rumah. Ada banyak merk yang bisa kamu pilih untuk mewarnai rambut kalian. Harganya juga tidak terlalu mahal kok. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak artikel ini selengkapnya!

Cara bleaching rambut

Bleaching ialah suatu proses mengusahakan penghilangan pigmen warna alami pada rambut dengan menggunakan hydrogen peroxide. Mewarnai rambut secara menyeluruh seringkali memerlukan bleaching rambut guna memunculkan warna dasar dari cat rambut. Mewarnai rambut tanpa bleaching, biasanya warna dasar cat rambut menjadi tidak terlalu menonjol.

Sayangnya, meski dapat memberikan hasil warna rambut yang sempurna, proses bleaching rambut bakal merusak rambutmu. Oleh karena itu, sebelum melakukan bleaching rambut, kamu harus benar-benar mempertimbangkannya secara matang.

Setelah melakukan bleaching rambut, kamu akan mendapati kondisi rambut yang kering, rontok, dan bercabang. Hal yang demikian dapat terjadi sebagai dampak dari hilangnya pigmen dasar rambutmu akibat menggunakan bahan-bahan kimia.

Tetapi, jika kamu memang ingin rambutmu di-bleach, kamu bisa barengi dengan melakukan usaha perawatan rambut guna menekan semaksimal mungkin resiko terjadinya kerusakan rambut.

Jika kamu sudah terlanjur melakukan cara bleaching rambut, kamu bisa melakukan hair spa setiap 1 hingga 2 minggu sekali untuk memberikan nutrisi ekstra pada rambut. Manfaat dari hair spa sendiri ialah untuk menutrisi akar rambut agar lebih kuat, melembabkan rambut serta mengurangi rambut bercabang. Tak perlu ke salon, kamu bisa melakukan hair spa sendiri di rumah guna menekan pengeluaran untuk perawatan rambut.

Cara bleaching rambut dengan Miranda atau Sasha pewarna rambut

Jika kamu sudah siap menerima Resiko Melakukan Bleaching Rambut, maka berikut 6 Langkah Bleaching Rambut yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah.

  1. Cuci Rambut

Tahapan pertama cara bleaching rambut sebelum diwarnai adalah mencuci rambut. Cucilah rambut dengan shampo favoritmu. Ingat, hanya shampo ya, tanpa kondisioner. Setelah itu, gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Tapi jangan sampai terlalu kering, sebab Proses Bleaching Rambut memerlukan rambut yang agak basah.

  1. Siapkan Produk Bleach

Bahan yang kamu butuhkan antara lain bubuk bleach dan peroxide 20vol (6%) yang bisa kamu jumpai di toko-toko perlengkapan salon. Selanjutnya campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1 : 1, maksudnya, bila kamu pasang 1 sendok makan bubuk bleach maka harus dicampur dengan 1 sendok makan peroxide.

Kalian dapat memakai produk bleaching rambut Miranda atau bleaching rambut Sasha, jangan kawatir keduanya memiliki harga sama – sama murah kok.

  1. Bagi Rambut

Guna memudahkan Langkah-langkah Bleaching Rambut, kamu harus membagi rambut menjadi tiga bagian. Kemudian lakukan bleaching secara bergantian antara ketiga bagian rambut tersebut.

  1. Proses Bleaching

Tahap selanjutnya yaitu oleskan krim bleaching dan mulailah dari bagian tengah lebih dalu. Kamu cukup mengoleskannya 2 hingga 3 sentimeter saja dari pangkal rambut. Dan ingat, jangan sampai terkena kulit kepala. Lalu lanjutkan mengoleskan krim bleaching hingga ke ujung rambut. Setelah itu, untuk meratakan warna bleach, ambillah alumunium foil dan bungkus rambutmu. Lakukan hal yang sama pada bagian rambut lain yang sudah terbagi tadi.

  1. Menetralkan Warna

Biasanya, rambut yang sudah di-bleach cenderung bakal bertekstur oranye. Nah, untuk memudarkan kesan warna oranye tersebut, kamu bisa lakukan tahap penetralan ini. Untuk melakukannya cukup aplikasikan satu mangkuk kondisioner bersama dengan dua sendok makan cat rambut biru pada rambut yang sudah di-bleach. Pijat lembut dan diamkan kurang lebih 1 hingga 2 menit.

  1. Cuci Rambut

Setelah kamu dapatkan warna yang kamu idamkan, maka segeralah cuci rambutmu dengan shampo dan pakailah kondisioner agar kelembaban rambut tetap terjaga. Setelah rambut dicuci, selanjutnya diamkan rambut hingga kering. Dalam hal ini jangan gunakan hair dryer ya.

Rambut yang sudah di-bleach bisa langsung berlanjut pada tahap pewarnaan menggunakan cat rambut dengan warna sesuai keinginan. Kalian dapat memilih produk pewarna rambut seperti Miranda, atau Sasha hair bleaching.

Lakukanlah Cara Pewarnaan Rambut yang tepat kalau kamu memang ingin mewarnai rambutmu. Namun jika kami tidak ingin rambutmu rusak akibat bleaching, kamu bisa mencari alternatif cara mewarnai rambut tanpa bleaching agar rambutmu tetap sehat.

Artikel terkait lainnya : 

Dari pengalaman mereka yang telah mencoba melakukan bleaching sendiri, proses nya memakan waktu kurang lebih 30 menit. Sangat disarankan untuk dilakukan bersama orang lain. Karena jika dilakukan sendiri saat proses pewarnaan rambut, warna rambut hasil bleach jadi tidak merata. Kamu bisa meminta bantuan teman atau saudar saat melakukan cara bleaching rambut ini.

Perawatan Rambut Lainnya: